Jelang Hari Buruh, Disnakertrans Kulon Progo Gelar Jumpa Pers

Acara jumpa pers yang digelar oleh Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kulon Progo menjelang Hari Buruh. (Foto: kulonprogokab.go.id)

Kulon Progo- Menjelang Hari Buruh, Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kulon Progo menggelar acara jumpa pers.  Jumpa pers kali ini terkait dengan rangkaian acara Hari Buruh atau May Day 2019 se-DIY di Kabupaten Kulon Progo yang difasilitasi oleh Dinas Kominfo Kulon Progo.

Kepala Disnakertrans Kulon Progo Eko Wisnu Wardhana, mengatakan Kulon Progo ditunjuk sebagai tuan rumah May Day se-DIY 2019 oleh Disnakertrans DIY. Peringatan Hari Buruh yang biasanya diperingati 1 Mei untuk kali ini puncak peringatan May Day 2019 Se-DIY di Kulon Progo pada 28 April di Lapangan Desa Tuksono, Kecamatan Sentolo.

“May Day 2019 dengan mengambil tema bersahabat, berbagi, sinergitas, harmoni dan bermanfaat. Agar terjalin keharmonisan antara perusahaan, pekerja dan masyarakat,” jelasnya.

Untuk mewujudkannya, acara Hari Buruh tahun ini, kegiatan yang diselenggarakan berfokus pada kearifan lokal dengan bakti sosial meliputi donor darah dan bedah rumah.

Eko Wisnu Wardhana menjelaskan dipilihnya pada Minggu (28/4/2019) sebagai puncak acara Hari Buruh di Kulon Progo karena berbagai hal. Pertama Minggu sering digunakan untuk kegiatan bedah rumah yang rutin diadakan oleh Pemkab Kulon Progo.

“Sehingga kita sinergiskan, kami sudah melakukan diskusi dengan serikat buruh Kulon Progo, mereka menyetujui usulan ini,” kata Eko.

Hari Buruh di Kulon Progo

Selain itu, Eko Wisnu Wardhana melihat tiap May Day, Kulon Progo jarang mengirimkan pekerja untuk ikut meramaikan acara. Alasannya banyak pekerja yang memilih berlibur pada 1 Mei.

“Karena hari libur, banyak yang lebih memilih untuk piknik atau menghabiskan waktu di rumah,” ujarnya.

Rangkaian kegiatan May Day di mulai Rabu (24/4/2019) dengan acara donor darah, menggandeng PMI Kulon Progo. Dilanjutkan Job Fair mini pada Kamis dan Jumat (25-26/4/2019) di Disnakertrans Kulon Progo. Kemudian pada Minggu (28/4/2019) merupakan acara puncak May Day dengan kegiatan bedah rumah, jalan sehat, dan pemberian penghargaan bagi karyawan berprestasi.

Acara jumpa pers kali ini, berlangsung di ruang Binangun IV kompleks Pemkab Kulon Progo. Senin (22/4/2019). Puncak acara akan dilangsungkan di Lapangan Asem Cilik Desa Tuksono, Kecamatan Sentolo pada Minggu (28/04/2019).