PGSD Sanata Dharma Gelar Kuliah Umum dengan Tema Robotik

Kuliah Umum Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Sanata Dharma (USD). Mengangkat tema Robotik, tema ini merupakan hal baru yang diangkat oleh program studi PGSD, mengingat perubahan teknologi dan pendidikan yang semakin canggih. (Foto: usd.ac.id)

Sleman- Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Sanata Dharma (USD) mengadakan kuliah umum, Senin (18/03/2019). Kuliah umum kali ini mengangkat tema Robotik. Tema tersebut merupakan hal baru yang diangkat oleh program studi PGSD mengingat perubahan teknologi dan pendidikan yang semakin canggih serta maju di era sekarang.

Berlangsung di Auditorium Driyakarya USD, kuliah umum ini dihadiri oleh dosen PGSD, Mahasiswa PGSD, dan PPG USD. Christiyanti Aprinastuti, Ketua Program Studi PGSD USD menyampaikan bahwa tema yang diangkat pada kuliah ini dengan profesi sebagai guru SD tentang robotik.

Menurut Ketua Prodi PDSG, pendidikan hari ini harus beradaptasi dengan perubahan atau kalau tidak kemungkinan akan tertinggal. Kuliah umum kali ini juga terdapat kaitannya dengan kuliah umum sebelumnya tentang pendidikan di era revolusi industri 4.0. Maka, tema robotik ini akan sangat relevan untuk dipelajari bersama.

Ia berharap, mahasiswa bisa mengambil salah satu filosofi belajar robotik. Kaitannya dengan mata pelajaran dan karakter apa saja yang bisa diambil ketika belajar robotik. Selain itu, filosofi tema dalam kuliah umum ini juga bisa diaplikasikan saat menjadi guru SD.

Kuliah umum ini menghadirkan pembicara yakni Petrus Sutyasadi, dosen dari Politeknik Mekatronika Sanata Dharma dan dimoderatori oleh Albertus Hartana. Petrus menyampaikan materi tentang strategi pembelajaran dan pengenalannya terhadap dunia sekolah dasar. Banyak manfaat yang akan didapatkan ketika suatu sekolah dasar mengenalkan robotik.

Pada peserta didik seperti merangsang berpikir sistematis, meningkatkan kemampuan motorik halus, meningkatkan keterampilan, imajinasi & kreatif, melatih kerjasama dalam kelompok, melatih kesabaran dan ketekunan. Selain itu, terdapat beberapa model yang dapat diterapkan sebagai media pembelajaran di kelas seperti robotik model serangga dan lain sebagainya.

Dengan kegiatan ini, diharapkan para mahasiswa dapat memilih dan mengembangkan teknologi sebaik mungkin untuk mendukung pembelajaran baik ketika masih proses perkuliahan dan menjadi guru di masa depan.

Teknologi dan Pendidikan

Perkembangan teknologi hari ini sudah semakin pesat dan pengaruhnya sudah memasuki banyak sekali aspek, termasuk pendidikan. Semakin modernnya zaman, tentu saja perubahan sistem pendidikan pun harus semakin berkembang. Bila memang teknologi sudah masuk dan berperan maka hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah mencari strategi paling tepat agar teknologi tidak berpengaruh negative.

Bila melihat pada pengertian umumnya, teknologi adalah sebuah aplikasi atau penerapan yang memiliki tujuan untuk bisa memenuhi kebutuhan manusia dan mempermudah mendapatkan hal atau tujuan yang ingin dilakukan. Sementara pendidikan merupakan sebuah alternative kesadaran dari semua lapisan masyarakat maupun pemerintah melalui kegiatan belajar dalam kelas, pelatihan dan kegiatan lain yang dilakukan di dalam lembaga pendidikan maupun di luar lembaga pendidikan.

Menjadi seorang pendidik tentunya harus bisa memahami bagaimana pengaruh teknologi dan pendidikan. Karena pada dasarnya kajian pendidikan akan menghasilkan konsep serta praktek pendidikan yang sedikit banyak nya bisa memanfaatkan media sebagai sumber pembelajaran.

Terdapat sebuah persepsi yang menyatakan bahwa teknologi dan pendidikan sama dengan sebuah media. Padahal kedudukan media memiliki fungsi sebagai sarana agar bisa memudahkan dalam proses pencapaian informasi ataupun bahan pembelajaran. Pandangan lainnya juga memasukan kurikulum pada bagian teknologi dan pendidikan, namun tentunya dengan berdampingan. Sehingga bila menghubungkan antara teknologi dan pendidikan maka ini akan berkaitan juga dengan kurikulum teknologi dan pendidikan.

Sebuah studi yang berfokus pada proses pengembangan kurikulum dalam pendidikan serta pemanfaatan teknologi di dunia pendidikan tersebut. Pemanfaatan teknologi secara spesifik dan tempat dapat membantu proses kegiatan belajar mengajar agar lebih efisien dan lancar. Oleh sebab itu, teknologi pendidikan harus memiliki peran yang signifikan pada pengembangan kurikulum.

Add Comment