Ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kusumanegara di HUT ke-73 TNI AU

Wakil Gubernur Akademi Angkatan Udara, Fachri Adamy, di acara ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumanegara. Ziarah kali ini merupakan rangkaian kegiatan perayaan Hari Ulang Tahun TNI AU ke-73. (Foto: aau.ac.id)

Yogyakarta- Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 TNI AU, Anggota Akademi Angkatan Udara, melaksanakan ziarah di Taman Makam Pahlawan Kusumanegara, Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Berlangsung Senin, (08/04/2019), ziarah kali ini juga diikuti oleh Taruna dan PIA Ardhya Garini CBS AA.

Dipimpin langsung oleh Wakil Gubernur Akademi Angkatan Udara Marsma TNI Fachri Adamy, acara  ziarah  telah terlaksana dengan khidmat. Ziarah di awali dengan penghormatan kepada para Arwah Pahlawan yang telah gugur sebagai kusuma Bangsa. Kemudian doa untuk para Pahlawan, dilanjutkan dengan tabur bunga yang di awali oleh Pimpinan ziarah.

Pahlawan Kusuma Bangsa yang di makamkan di TMP Kusumanegara selain Pangsar Sudirman, Oerip Somoharjo sang pelopor terbentuknya TKR, Brigjen Katamso Darmo Kusumo sang Pahlawan Revolusi dan lain-lain.

 Di arah ujung timurlaut TMP tersebut, terdapat makam Pahlawan TNI AU yaitu Opsir  Udara Adisumarmo Wirjokesumo sang operator radio yang gugur pada tanggal 29 Juli 1947 bersama  Komodor Udara  Agustinus Adisutjipto dan Komodor Udara Abdulrahman Saleh saat pesawat misi kemanusiaan Dakota VT-CLA maskapai India yang di tembak oleh pesawat pemburu kitty hawk milik Belanda yang akhirnya pesawat jatuh di wilayah Ngoto, Bantul Yogyakarta.

Ziarah merupakan wujud penghormatan kepada para pahlawan yang telah mendarmabaktikan jiwa raga demi tetap tegaknya NKRI tercinta . Sebagai generasi penerus sudah seharusnya kita menghargai para pahlawannya karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai para pahlawannya.

HUT Ke-73 TNI AU

Tidak hanya di Yogyakarta, di sejumlah daerah di Indonesia, pelaksanaan perayaan HUT ke-73 TNI AU juga dilaksanakan. Misalnya di Tasikmalaya, Letnan Kolonel M. Pandu Adi Subrata, memimpin pelaksanaan Ziarah Rombongan di Taman Makam Pahlawan Kusumah Bangsa Kota Tasikmalaya.

Ziarah ini  diikuti oleh seluruh personel Lanud Wiriadinata, personel Polres Tasikmalaya Kota dan Ibu-Ibu PIA Ardhya Garini Cabang 7/ D.I Lanud Wiriadinata dalam rangka HUT TNI AU ke-73, Senin (8/4).

Komandan Lanud Wiriadinata mengatakan, kegiatan ziarah ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka HUT TNI Angkatan Udara ke-73, dimana pelaksanaannya sangat penting sekali, untuk mengenang tentang nilai-nilai pengorbanan dan keteladanan yang dilakukan tanpa pamrih oleh para pahlawan yang sudah mendahului kita.

“Sebagai penghormatan kepada pahlawan, saya mengajak seluruh personel Lanud Wiriadinata untuk selalu meningkatan kinerjanya dan bersikap bijak dalam menghadapi tugas yang diembannya, tunjukan bahwa kita semua ini merupakan personel yang berjiwa Profesional, Militan, Inovatif dan Kemanunggalan Bersama Rakyat agar menjadi agen perubahan organisasi menuju ke arah yang lebih baik,” pungkas Komandan Lanud Wiriadinata.