Akademi Angkatan Udara Undang Aqua Dwipayana, Selenggrakan Kuliah Umum

Marsekal Muda (Marsda) TNI Tatang harlyansya (Kiri) berjabat tangan dengan Motivator Aqua Dwipayana (Kanan), usai memakaikan jas kebanggan AAU, saat pembukaan Kuliah Umum di Gedung Sabang Merauke AAU (14/05/2019). ( Jogjadaily.com/ Aziz Abdillah)

Berbah – Sleman, Akademi Angkatan Udara (AAU) menyelenggarakan kuliah umum dengan mengundang pakar komunikasi Aqua Dwipayana. Kuliah umum bertempat di gedung Sabang Merauke (14/05/2019) dengan tema “Komunikasi Era Kepemimpinan Milenial”.

Kuliah umum ini, turut dihadiri seluruh taruna Akademi Angkatan Udara, mulai dari tingkat 1, kemudian tingkat 2, 3 dan 4 yang sekarang melaksanakan belajar mengajar. Sekaligus dihadiri pula pejabat, pengasuh, dan instruktur yang ada di lingkungan Akademi Angkatan Udara.

“Sebagaimana yang telah di ketahui komunikasi sangat penting bagi kita semua, terutama dalam pendidikan, karena, kami disini adalah perangkat-perangkat yang merupakan generasi berbeda-beda, maupun anak didik kami”, kata Marsekal Muda (Marsda)TNI Tatang Harlyansyah dalam sambutannya

Untuk tingkat 4, sambung Gubernur AAU, yang sedang persiapan untuk melaksanakan akhir dari pendidikan sebagai taruna akademi angkatan udara, sebentar lagi mereka ini akan dilantik di sitanah merdeka, sehingga pada saat terakhir-terakhir ini pembekalan bagi mereka dan ini merupakan kesempatan bagi mereka dalam pembekalan komunikasi.

Komunikasi efektif harus deiketahui bagi Taruna/Taruni untuk mereka memiliki bekal yang baik dalam komunikasi dimasa yang akan datang.

Ia berharap, dengan adanya ceramah ini, kita mengetahui bagaimana komunikasi efektif yang dilaksanakan, khususnya bagi para taruna-taruni yang sebentar lagi akan menjadi pemimpin nasional yang akan memimpin negara ini dan masa yang akan datang.

Paparan Aqua Dwipayana

Motivator yang sekaligus Pakar Komunikasi ini menyampaikan bahwa apapun yang yang kita lakukan dan pekerjaan apapun yang kita kerjakan hendaknya meniatkan dengan ibadah.

“Apapun pekerjaan kita, kita niatkan dengan ibadah, yang kedua, selalu kita bersyukur”, ucap Aqua Dwipayana.

Kemudian ia mengingatkan dalam kuliah umumnya untuk lebih pandai bersyukur, karena tidak semua orang bisa masuk dalam Akademi Angkatan Udara.

“yang di ruangan ini harus leih banyak bersyukur karena tidak banyak orang mempunyai kesempatan seperti ini”, katanya.

Dalam bertindak sebagai Taruna hingga kelak menjadi prajurit, Pakar Komunikasi ini juga menyampaikan untuk jangan malu belajar dengan siapa saja, terutama mau bertanya kepada siapapun.

“Harus taat, harus loyal, harus fokus, dan tentunya yang paling mendasar adalah harus mau terus belajar, dan belajar dengan siapa saja”, ujarnya.

Sambungnya, Kita mungkin hebat pada satu bidang, tapi kita mungkin tidak mampu atau tidak tahu di bidang yang lain, Jangan ragu untuk tanya pada ahlinya, jangan menjadi sok tahu karena pengetahun bisa dari siapa saja kita dapatkan, jangan malu untuk bertanya.

Lebih lanjut ia juga mengungkapkan bahwa bertemu siapa pun, dimana pun, dan kapan pun, komunikasi yang kita lakukan harus baik.

“Tuntutannya satu, seluruh taruna/taruni dan keluarga TNI AAU perilaku dan tutur katanya harus menjadi teladan antara ucapan harus sesuai dengan perbuatan”, kata Pak Aqua.

Add Comment