Desa Gerbosari, Masuk Lima Besar Lomba HATINYA PKK Tingkat Nasional

Desa Gerbosari terpilih mewakili Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta untuk bersaing di tingkat nasional. (Foto: Pemkab Kulon Progo)

Kulon Progo- Kegiatan Halaman Asri Teratur dan Nyaman (HATINYA) PKK yang dilaksanakan di  Desa Gerbosari merupakan salah satu Program Kelompok Kerja (POKJA) III Tim Penggerak (TP) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Kulon Progo yang difokuskan pada pemanfaatan pekarangan secara optimal.

Dalam hal ini, yang akan mewakili Kabupaten Kulon Progo adalah Desa Gerbosari, Samigaluh, Kulon Progo. Desa Gerbosari tercatat masuk lima besar nominasi Lomba HATINYA PKK Tingkat Nasional.

Desa Gerbosari terpilih mewakili Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta untuk bersaing di tingkat nasional. Penilaian Lomba HATINYA PKK Tingkat Nasional akan digelar di Komplek Balai Desa Gerbosari, Samigaluh, Kulon Progo pada Jumat (24/5/2019) mendatang.

Kepala Desa Gerbosari, Damar, bersyukur atas kesempatan yang diberikan kepada Desa Gerbosari untuk maju ke tingkat nasional.

“Rasa syukur dan juga terkejut, tentu kami akan mempersiapkan semua dengan baik. melalui kegiatan HATINYA PKK masyarakat Desa Gerbosari telah dapat memanfaatkan tanah pekarangan untuk ditanami tanaman yang memenuhi unsur warung hidup, apotek hidup dan lain sebagainya,” ungkapnya saat persiapan lomba HATINYA PKK dengan Pengurus PKK Provinsi DIY di Balai Desa Gerbosari, Samigaluh. Rabu (8/5/2019).

Damar menambahkan pihaknya pemerintah desa dan masyarakat kompak bekerjasama bahu membahu untuk melaksanakan program PKK Desa dengan baik. “HATINYA PKK bukan sekedar lomba namun pembinaan yang sudah berjalan dan diterapkan di desa Gerbosari,” kata Damar.

Mengatasi Masalah Gizi

Asyantini, Wakil Ketua Tiga Tim Penggerak PKK Provinsi DIY,  berharap, melalui HATINYA PKK masyarakat bisa memenuhi gizi keluarga, apotik keluarga, untuk mengurangi pengeluaran sehari-hari bagi ibu rumah tangga dan bisa menyisihkan sebagian uang untuk tabungan keluarga.

“HATINYA PKK dapat memberikan manfaat sehingga masyarakat dapat mengkonsumsi hasil dari pemanfaatan pekarangan disekitar rumah,” ujarnya

Ia berharap Desa Gerbosari, Kulon Progo dapat meraih juara pada lomba HATINYA PKK tingkat nasional tahun 2019.

“Tahun lalu Kabupaten Gunungkidul berhasil meraih juara tiga tingkat nasional, mudah-mudahan tahun ini DIY dapat kembali meraih juara. Diharapkan dapat juara satu insyaallah,” imbuhnya lagi.

Add Comment