Kasau Resmikan Renovasi Gedung Handrawina Akademi Angkatan Udara Yogyakarta

Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E, M.M. (Kanan) didampingi Gubernur Akademi Angkatan Udara (AAU) Marsekal Muda (Marsda) TNI Tatang Harlyansyah, S.E, M.M.(Tengah) meresmikan renovasi Gedung Handrawina, Akademi Angkatan Udara. (PenAAu)

Berbah – Sleman, Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E, M.M. didampingi Gubernur Akademi Angkatan Udara (AAU) Marsekal Muda (Marsda) TNI Tatang Harlyansyah, S.E, M.M. meresmikan renovasi Gedung Handrawina, (15/05/2019).

Diawal sambutanya, Kasau memberikan apresiasi dan menyambut baik dengan adanya renovasi Gedung Handrawina, sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas Akademi Angkatan Udara.

“Secara umum, maksud dari renovasi dan pembangunan fasilitas dan sarana prasarana ini adalah agar Akademi Angkatan Udara dapat menjadi role model bagi Akademi Angkatan lain”, Ungkap Yuyun Sutisna.

Kepala Staf Angkatan Udara menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang sudah mendukung sehingga dapat terlaksananya renovasi dengan lancar dan tepat waktu sesuai harapan.

Kasau juga menekankan kepada para Taruna agar menggunakan dan memelihara fasilitas dan sarana prasarana tersebut dengan penuh tanggung jawab.

Selain itu, gedung Handrawina diharapkan dapat menjadi tempat yang representatif untuk menjamu tamu penting, baik dari dalam maupun luar negeri.

Dengan semakin megahnya Gedung Handrawina tentunya membuat taruna yang masuk akan semakin betah dan nyaman.

Gubernur AAU Masda Tatang Harlyansyah yang turut mendampingi Kasau menyampaikan, dengan adanya kantor baru ini, dapat menciptakan semangat baru bagi taruna AAU untuk mengedepankan keberhasila pada tugas-tugas yang dihadapi.

Hadir dalam kegiatan peresmian tersebut para pejabat Mabes AU, segenap pejabat  AAU, Komandan Lanud Adisucipto, dan pengurus PIA Ardhya Garini pusat maupun pengurus PIA Ardhya Garini CBS Akademi Angkatan Udara.

 

Gedung Handrawina

Gedung Handrawina yang berarti perjamuan agung adalah tempat tradisi makan Taruna yang sedang menempuh pendidikan di Akademi Angkatan Udara. Gedung ini  pertama kali dibangun pada tanggal 16 Desember 1976 dan diresmikan oleh Presiden Suharto.

Selain sebagai tempat tradisi makan Taruna, di gedung ini pula upacara kebesaran melepas para perwira tinggi Angkatan Udara yang telah selesai pengabdiannya di TNI AU dalam suatu upacara “Purna Bakti”, yang melambangkan bahwa dari sini mereka berawal dan dari sini pula mereka mengakhirinya dalam karier puncaknya sebagai perwira tinggi.

Di samping gedung Handrawina, telah dibangun gedung lounge Taruna dan ruang jaga taruna yang dirancang untuk memberikan ruang relaksasi dan belajar Taruna, selain itu dapat pula digunakan oleh Taruna untuk bertatap muka dengan keluarga yang berkunjung ke Ksatrian AAU, diharapkan pertemuan dengan keluarga akan lebih nyaman dan berkesan santai dan akrab tanpa tergganggu  dengan kegiatan diluar.

Dengan selesainya renovasi gedung tersebut yang terlihat megah, indah dan nyaman diharapkan dapat menambah semangat belajar para Taruna.

Selain itu, masih di area gedung Handrawina akan segera dibangun Tugu Prasasti Kasau. Yang pada kesempatan tersebut dilakukan peletakan batu pertama oleh Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E, M.M. Dengan adanya tugu ini, diharapakan para Taruna dapat lebih mengenal pimpinan Angkatan Udara, tidak hanya namanya saja namun jasa dan perjuangan mereka sebagai pimpinan tertinggi.