Pemkab Bantul Tingkatkan Toleransi dan Kerukunan Antar Umat Beragama

Bupati Bantul, Suharsono secara resmi membuka Focus Grup Discussion (FGD) Kerukunan Umat Beragama Kabupaten Bantul. (Foto: bantulkab.go.id)

Bantul- Pemerintah Kabupaten Bantul terus upayakan peningkatan toleransi dan kerukunan antar umat beragama. Hal ini dikuatkan dengan adanya kegiatan Focus Grup Discussion (FGD) Kerukunan Umat Beragama Kabupaten Bantul.

Secara resmi, acara ini dibuka oleh Bupati Bantul, Suharsono. Tema yang diambil dalam acara FGD kali ini ialah “Peningkatan Toleransi dan Kerukunan Antar Umat Beragama dalam Kehidupan Berbangsa, Bermasyarakat, dan Beragama”.

Bupati Bantul dalam sambutanya mengapresiasi kepada seluruh anggota FKUB di Kabupaten Bantul yang telah mendukung terselenggaranya pemilu 2019 sehingga secara umum pelaksanaan pemilu di Kabupaten Bantul dapat berjalan lancar, aman dan demokratis serta pasca pemungutan suara dapat tercipta suasana kondusif di masyarakat.

“Perbedaan adalah sunatullah. Mari kita tinggalkan perbedaan aspirasi politik kita untuk selanjutnya menguatkan kebersamaan saling berangkulan karena sesungguhnya pemilu adalah kebutuhan berbangsa dan bernegara,” jelas Bupati.

Berlangsung di Bangsal Rumah Dinas Bupati, Senin (29/04/2019), kegiatan ini diikuti 90 orang. Peserta diantaranya dari Dewan Penasehat FKUB Kabupaten 5 orang, Kepala Dinas/OPD terkait 18 orang, Pengurus FKUB Kabupaten 16 orang, Pengurus FKUB Kecamatan 17 orang dan Camat serta Kepala KUA di Kabupaten Bantul 34 orang.

Sarana Silaturahim  

Bupati Bantul menuturkan, kerukunan umat beragama memiliki relevansi positif yang kuat terhadap pembangunan, semakin rukun suatu masyarakat semakin cepat pembangunan dapat dilakukan, oleh karenanya, memelihara kerukunan adalah menjadi kebutuhan kita bersama.

“Kabupaten Bantul harus mampu menjadi daerah yang toleran dan nyaman bagi siapa saja untuk tinggal di dalamnya,” imbuh Bupati Bantul.

Menurut laporan penyelenggara Kepala Kementrian Agama Kabupaten Bantul, Buchori, menyampaikan tujuan dari kegiatan ini, sebagai sarana silahturrahim. Selain itu juga sebagai sarana dialog dan diskusi.

Menjalin silaturahim antara Pengurus FKUB Kecamatan dan Kabupaten Bantul, dengan Dewan Penasehat FKUB serta OPD terkait, penguatan peran pengurus FKUB dalam membina kerukunan antar umat beragama, membangun komunikasi dialogis antar pengurus FKUB. Sekali lagi, agar terjaga kerukunan antar umat beragama serta sebagai langkah antisipasi terhadap timbulnya konflik antar umat beragama.