Pemkab Kulon Progo Siapkan Rp1,5 Miliar untuk Renovasi Kantor Kelurahan Wates

Tahap Pembongkaran Gedung Kelurahan Wates, Kecamatan Wates. Dana renovasi Kelurahan Wates diambil dari APBD 2019. Renovasi dilakukan pada bangunan balai Kelurahan, kantor Lurah, gudang, kios dan parkir. (Foto: Pemkab Kulon Progo)

Kulon Progo- Pemerintah Kabupaten Kulon Progo menyiapkan Rp1,5 miliar untuk merenovasi Kantor Kelurahan Wates, Kecamatan Wates. Dana ini diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2019.

Renovasi dilakukan pada bangunan balai Kelurahan, kantor Lurah, gudang, kios dan parkir. Progres renovasi baru mencapai tahap pembongkaran. Senin (13/5/2019).

Sekretaris Kelurahan, Sapto Iswandono, mengatakan renovasi kantor memakai sistem tender atau lelang dengan perantara Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan lelang (KPKNL) Yogyakarta.

“Tahun ini, Kantor Kelurahan Wates direhab, dengan anggaran Rp1,5 miliar, nantinya pada balai Kelurahan dibangun lantai dua, bawah untuk pelayanan dan atas untuk ruang rapat,” kata Sapto saat ditemui di ruang kerjanya.

Sapto menambahkan Kantor Kelurahan Wates di bongkar mulai 6 Mei lalu dan pengumuman pemenang tender pada 29 April. Tender dimenangkan oleh CV. MING dari Durungan Rt 02/09 Wates Kulon Progo. Dengan pengerjaan waktu selama 120 hari atau empat bulan, sesuai Surat Perjanjian Kerja.

“Rehab ini tujuanya mengganti fondasi bangunan lama, yang sudah tidak layak. Kondisi bangunan atau struktur/material sudah lama dan akan kami ganti dengan material baru, serta meningkatkan kualitas sarana publik dan kinerja,” jelasnya.

Selama direhab Kantor Kelurahan Wates pelayanan publik tetap berlangsung seperti biasa, menempati kantor pelayanan sisi Barat. Harapanya pembangunan ini sesuai target dan segera di fungsikan kembali.

Sementara itu salah satu warga Suyono mengungkapkan bahwa adanya pembangunan ini warga menyambut baik. Bagiamanapun, bangunan kantor Kelurahan Wates sudah terhitung cukup tua. Sehingga memang harus direnovasi.

“Terganggu dengan adanya renovasi ini takut roboh karena bangunan belum di robohkan semua, tapi kami menyambut baik adanya renovasi balai di Kelurahan Wates karena usia bangunan yang sudah tua, semoga adanya rehab ini, pihak kelurahan dapat melayanai masyrakat lebih baik lagi,” uangkapnya.

Alokasi APBD 2019

Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengalokasikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (2019) mencapai Rp1,27 triliun dengan delapan agenda utama pembangunan.

Bupati Kulon Progo, Hasto Wardoyo tahun lalu mengatakan APBD senilai Rp1,27 triliun itu terdiri atas belanja tidak langsung Rp685,821 miliar dan langsung Rp586,282 miliar.

“Tema pembangunan Kabupaten Kulon Progo 2019 adalah mewujudkan pertumbuhan daerah melalui pembangunan manusia seutuhnya dan pemerataan pembangunan,” jelasnya saat menyampaikan Nota Pembahasan KUA-PPAS 2019 di DPRD Kulon Progo.

Untuk itu, kata Hasto, APBD 2019 difokuskan pada peningkatan kualitas sumber daya manusia, pengurangan kemiskinan dan peningkatan ekonomi daerah, peningkatan infrastruktur wilayah secara berkelanjutan dan peningkatan profesionalisme pelayanan publik.

Add Comment