Peringati Hari Buruh, Pemuda RW 12 Muja Muja Adakan Jalan Sehat

Kegiatan jalan sehat yang dilakukan pemuda RW 12 Muja Muju Yogyakarta dalam rangka memperingati Hari Buruh merupakan bentuk kepedulian terhadap lingkungan sosial, terutama dalam hal kesehatan. (Foto: Kurniawan Sapta)

Yogyakarta- Pemuda RW 12 Muja Muju Yogyakarta mengadakan kegiatan jalan sehat peringati Hari Buruh, (01/05/2019). Kegiatan jalan sehat ini merupakan wujud kepedulian pemuda RW 12 Muja Muju terhadap lingkungan sosial, terutama dalam hal kesehatan.

Tidak hanya orang tua, anak-anak juga turut meramaikan kegiatan tersebut. Mengambil rute sekitar wilayah RW 12 Muja Muju, kegiatan ini cukup memberikan warna tersendiri bagi peserta. Acara dimulai sekitar pukul 06.20 WIB yang diikuti hampir seluruh warga RW 12 Kelurahan Muja Muju.

“Harapan kami dengan adanya acara Jalan Sehat Peduli Lingkungan ini, kerukunan sesama warga RW 12 Muja Muju akan kembali seperti semula. Bahkan sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan bagi peserta yang mampu mengumpulkan sampah plastik terberat akan mendapatkan doorprize dari panitia,” ujar Pandham Arih Pratitis, selaku ketua pemuda.

Yang menarik adalah peserta diwajibkan untuk membawa tas kresek yang digunakan untuk memunguti sampah plastik yang dilalui peserta sepanjang rute jalan sehat.

Setelah mencapai titik finish yang ditentukan panitia, peserta jalan sehat dihibur dengan alunan musik dangdut dan pembagian doorprise. Menurut Pandham, kegiatan jalan sehat ini selain bertujuan memasyarakatkan olahraga juga mempererat persaudaraan sesama warga RW 12 yang sedikit renggang paska Pemilu 2019.

Bagi Pemuda RW 12 Muja Muju sendiri kegiatan Jalan Sehat Peduli Lingkungan ini merupakan awal dari rangkaian kegiatan kepemudaan khususnya Pemuda RW 12 Muja Muju. Meski sempat vakum beberapa waktu yang lalu, dengan semangat para pemuda yang didukung oleh pengurus RW 12 Muja Muju maka acara Jalan Sehat dapat berjalan dengan sukses.

Menggerakan Pemuda

Sementara itu, Ketua RW 12 Muja Muju Ari Yusdi mengatakan acara jalan sehat yang digagas pemuda RW 12 ini memang bukan hal baru. Karena hampir selama pelaksanaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia di lingkungan RW 12 acara jalan sehat selalu ada.

Menurutnya, potensi pemuda RW 12 Muja Muju sangat besar. Sayang bila potensi yang besar tersebut tidak diberdayagunakan.

Sesuai tema pembangunan di Kelurahan Muja Muju yaitu mewujudkan pembangunan berkelanjutan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat, berbasis lingkungan, seni budaya dan pariwisata serta optimalisasi peran pemuda, peranan pemuda dalam pembangunan ke depan akan sangat penting.

“Untuk mendukung kegiatan pemuda RW 12 yang belum lama terbentuk, kami memang sengaja melaksanakan kegiatan yang biasa lebih dahulu. Agar kelak setelah pemuda terbiasa berkegiatan, akan kami dorong melakukan lebih dari biasanya, “ kata Ari Yusdi.

Harapannya, kelak akan ada pemuda RW 12 Muja Muju yang mampu menumbuhkan pembangunan di bidang ekonomi, sosial maupun bidang lainnya dan menjadi sosok pemuda pelopor dengan beragam inovasi yang bermanfaat bagi warga RW 12 Muja Muju Yogyakarta.