PT. Selo Adikarto BUMD Kulon Progo Raih Penghargaan TOP BUMD 2019

Bupati Kulon Progo dr. Hasto Wardoyo, menerima Penghargaan Top Pembina BUMD 2019 atas Kinerja Prestasi dan Penghargaan yang diperoleh BUMD PT Selo Adikarto (Foto: Kulonprogokab.go.id)

Kulon Progo-  Bupati Kulon Progo menyampaikan rasa syukur, Pemkab Kulon Progo mendapatkan penghargaan yang kesekian kali. Penghargaan kali ini terkait dengan pembinaan BUMD, Kamis (02/05/2019). TOP BUMD adalah satu-satunya kegiatan corporate rating (penilaian kinerja BUMD), yang terbesar dan paling komprehensif di Indonesia.

“Alhamdulillah, kami ucapkan terimakasih kepada segenap direktur BUMD, warga masyarakat yang sudah mendukung kinerja BUMD Kulon Progo. Ada satu hal seperti PDAM yang kemudian sukses membuat air minum dalam kemasan mendapat penghargaan, bisa MoU dengan PT.Angkasa Pura, Air Port, airnya menggunakan air PDAM. Air minumnya menggunakan Air Ku,” tutur Bupati.

TOP BUMD merupakan penghargaan yang diberikan kepada BUMD-BUMD Terbaik di Indonesia, atas Achievement (prestasi) dan Improvement (perbaikan) yang telah dilakukan, terkait kinerja bisnis, layanan, dan kontribusi terhadap perekonomian daerah. Kategori TOP BUMD 2019 yaitu:  TOP BUMD Best All Criteria, TOP BUMD Sektor, TOP CEO BUMD, TOP PEMBINA BUMD.

“Kedua PT.Selo Adikarto mendapat penghargaan karena bisa membuat perusahaan yang semula memiliki hutang pajak puluhan tahun yang lalu, bisa diselesaikan dengan baik, dan akhirnya bangkit perusahaan ini dan sekarang bisa menghasilkan Rp.5 miliar lebih dalam satu tahun keuntungan, sekarang bisa membikin aspal mixing plant, bitching plant, punya produk beton-ku, ini adalah bagaimana kita membina BUMD, Bela Beli Kulon Progo agar BUMD juga memproduksi aspal, memproduksi beton, kemudian jika akan mengaspal, beton, beli dari produk sendiri,” imbuhnya lagi.

Kegiatan TOP BUMD 2019 ini dilakukan untuk mendukung program & kebijakan Pemerintah Pusat dan dan Pemerintahan Daerah, guna mempercepat peningkatan kinerja BUMD dan pembangunan perekonomian di daerah. Kegiatan TOP BUMD ini diselenggarakan oleh Top Business, bekerjasama dengan Asia Business Research Center, serta beberapa lembaga Tim Penilai seperti SGL Management, PPM Manajemen, Sinergi Daya Prima, Dwika Consulting, Melani K Harriman & Associate, Harvard-Intellectual Business Community, dan Alvara Strategi Indonesia. Dengan Ketua Dewan Juri, Laode M.Kamaluddin, serta ketua Penyelenggara Moh. Lutfi Handayani.

Raih Penghargaan

Selo Adikarto yang berada di Kulon Progo, bergerak di bidang produksi guna pengembangan, kemajuan dan peningkatan ekonomi daerah. Berdiri pada tanggal 1 Juli 2003 dengan pengesahan Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia Ri berdasarkan Keputusan Nomor C-18739HT.01.01.TH.2004 dan pada tahun 2017 dikuatkan dengan Peraturan Daerah Kabupaten Kulon Progo Nomor 7 tahun 2017 tentang Perseroan Terbatas Selo Adikarto.

Perusahaan ini memiliki modal perusahaan 100% berasal dari Pemerintah Kabupaten Kulon Progo. Memiliki hasil produksi berupa: Treat Base (Class A), Treat Base (Class B), Aspalt Treat Base (ATB), Hot Roller Sheet (HRS), Aspalt Concrete (AC). Hasil produksi tersebut utamanya diperuntukkan guna pembangunan di wilayah Kabupaten Kulon Progo dan apabila terdapat kelebihan produksi, akan dipasarkan di luar wilayah Kabupaten Kulon Progo.

Penghargaan untuk PT. Selo Adikarto diserahkan di Golden Ballroom The Sultan Hotel Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 37 Jakarta Selatan, dengan Peserta lebih kurang 700 peserta, terdiri dari – Gubernur/ Walikota/ Bupati Pemenang TOP Pembina BUMD, Direktur Utama/ Direksi/ Komisaris/ Manajer/ Staf BUMD Melalui kegiatan ini, diharapkan setiap BUMD, dapat terpacu untuk selalu berprestasi dan berperan penting dalam pembangunan daerah dan perekonomian nasional.

Kegiatan TOP BUMD 2019 ini, diikuti oleh 200 Nominasi BUMD Terbaik, yang sebelumnya sudah diseleksi dari lebih 1.149 BUMD di seluruh Indonesia. Berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan secara obyektif dan independen oleh Tim Penilai dan Dewan Juri, maka Dewan Juri menetapkan Pemenang Penghargaan TOP Pembina BUMD 2019  Bupati Kulonprogo: dr. H. Hasto Wardoyo, atas Kinerja Prestasi dan Penghargaan yang diperoleh: PT Selo Adikarto dalam meraih penghargaan. (Triyono)