KASAU Wisuda 99 Lulusan Akademi Angkatan Udara di Bumi Maguwo

Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna berjabat tangan dengan salh satu wisudawan Taruna Akademi angkatan Udara (foto: Penaau)

Maguwoharjo, Sleman — Akademi Angkatan Udara (AAU) menggelaar Penutupan Pendidikan dan Wisuda Sarjana, sebanyak 99 Taruna AAU diwisuda langsung oleh Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M., bertempat di Gedung Sabang Merauke (GSM) Kampus AAU, Yogyakarta.

Pada awal sambutannya Kasau memberikan selamat kepada para taruna yang mampu menyelesaikan pendidikan dalam kurun waktu empat tahun.

“Saya ucapkan selamat kepada para wisudawan atas keberhasilannya menyelesaikan program pendidikan di Akademi Angkatan Udara, ini adalah buah dari ketekunan dan kerja keras,selama empat tahun terakhir di Lembah Tidar dan Bumi Maguwo”, kata Yuyu Sutisna.

Kaau juga berharap,untuk setiap sivitas akademika terus membangun profesionalisme, militansi, juga inovasi, untuk meningkatkan mutu pendidikan, pelatihan dan kepengasuhan, agar jkedepannya mampu mencetak calon-calon pemimpin TNI Angkatan Udara yang kompetitif di tengah persaingan global.

Lebih dari itu, Kasau Yuyu Sutisna mengingatkan telah berhadapannya dengan Revolusi Industri 4.0 yang memproduksi kecerdasan artifisial, ancaman siber, teknologi robotik, dan internet of things.

“Revolusi Industri 4.0 secara kebetulan hadir bersamaan dengan era peperangan generasi kelima atau peperangan hibrida” ungkap Kasau.

Lanjut Kasau, Ancaman peperangan hibrida yang menggabungkan strategi perang konvensional, ancaman konflik skala kecil dan serangan non-kinetik, telah dipersepsikan menjadi bentuk ancaman paling mungkin di abad ke-21.

Untuk itu, harapnya Akademi Angkatan Udara mampu menjadi center of excellence lembaga pendidikan TNI Angkatan Udara dalam menghadapi kemajuan teknologi 4.0 dan mengatasi ancaman tersebut.

Dalam penutupnya, Marsekal TNI Yuyu Sutisna menitipkan tiga pusaka kata yang harus digenggam oleh para Taruna dalam jiwa dan raga.

“Jadilah sayap tanah air yang tanggon, tanggap, dan trengginas. Tiga pusaka kata ini akan menjaga kalian ke mana pun kalian pergi berjuang”, Ucapnya.

 

Peraih Adhi Makayasa

Adhi Makayasa adalah penghargaan tahunan kepada lulusan terbaik dari setiap matra TNI dan Kepolisian, Penerima penghargaan ini adalah mereka yang secara seimbang mampu menunjukkan prestasi terbaik di tiga aspek: akademis, jasmani, dan kepribadian (mental).

Muhammad Ihza Nurrabbani adalah Taruna AAU yang meraih penghargaan Adhi Makayasa, Sebuah penghargaan bergengsi yang sangat dimimpikan semua Taruna. Pria Kelahiran Sleman tanggal 26 Agustus 1996 ini merupakan lulusan SMU Taruna Nusantara tahun 2015.

Dikutip dari buku TUPDIK & Wisuda Sarjana Taruna Tk. IV 2019 Akademi Angkatan Udara, Sejak kecil Ihza memang sudah bercita-cita menjadi tentara, diawali ketika melihat pesawat latih Angkatan Udara terbang melintas di kampung halamannya.

Tidak ada basic militer di keluarganya, kedua orangtuanya berprofesi sebagai guru. Anak dari pasangan Bapak Drs. Sukijo dan ibu OrbantariDwi S. Ini tentu sangat membanggakan kedua orangtuanya ketika anaknya berhasil meraih prestasi yang tinggi sebagai peraih Adhi Makayasa. Saat ini keluarga Sermatutar Muhammad Ihza Nurrabbani tinggal di Krapyak Kulon RT. 001 Panggungharjo Sewon Bantul.

 

Add Comment