Menerapkan Sapta Pesona dan Program Bela Beli di Taman Bendung Kamijoro

Penandatanganan Pakta Integritas dalam rangka menjadikan kawasan wisata Taman Bendung Kamijoro pariwisata yang berbeda dari yang lain (to be different). (Foto: Pemkab Kulon Progo)

Kulon Progo- Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo terus berupaya untuk mengembangkan dan memajukan Kabupaten Kulon Progo. Salah satu yang sudah dilakukan ialah dengan mengembangkan lokasi-lokasi wisata di Kulon Progo.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo, Niken Probolaras, menyampaikan, dalam beberapa waktu terakhir telah hadir destinasi pariwisata baru, yakni Taman bendung Kamijoro yang terletak Pedukuhan Kaliwiru, Desa Tuksono, Sentolo.

Meskipun status bandungan tersebut masih dalam kewenangan Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak, masyarakat setempat menyambut kehadiran Taman Bendung Kamijoro sebagai  dengan menciptakan peluang usaha di sektor Pariwisata.

“Dalam rangka meningkatkan pariwisata di wilayah tersebut,  Dinas Pariwisata melaui sejumlah koordinasi telah menyusunPakta Integritas  pelaku pariwisata di sekitar Taman Bendung Kamijoro..Melalui Pakta Integritas tersebut, pelaku pariwisata  menerapkan Sapta Pesona, Program Bela Beli Kulon Progo, dan mematuhi, menaati dan melaksanakan peraturan dan kebijakan pemerintah.” Katanya.

Dukungan kehadiran Taman Bendung Kamijoro juga diberikan oleh pemuda-pemuda di sekitar kawasan wisata. Dalam hal ini, Unit Karang Taruna Tunas Harapan di Pedukuhan Kaliwiru Tuksono Sentolo melakukan penandatanganan Pakta Integritas.

Pakta Integritas ini menurut Sugeng Lana Raharja, merupakan upaya untuk menjadikan kawasan wisata Taman Bendung Kamijoro menjadi kawasan yang berbeda.

Ia bersama pelaku wisata lain akan menerapkan Sapta Pesona dengan mewujudkan kondisi Aman, Tertib, Bersih, Sejuk, Indah, Ramah dan Kenangan. Menerapkan Program Bela Beli Kulon Progo melalui Penyediaan kuliner berupa makanan dan minuman lokal Kulon Progo

Pemberian Dana Hibah

Penandatanganan Pakta Integritas yang dilaksanakan di Ruang Menoreh pemkab Kulon Progo, Senin (17/6/2019). Dihadiri langsung oleh Bupati Kulon Progo, Hasto Wardoyo, Wakil Bupati Kulon Progo, Sutedjo, serta Kepala Dinas Pariwisata Kulon Progo.

Pada kesempatan ini, juga dilakukan penyerahan hibah tenda dari PT.Pegadaian (Perserto) yang diberikan oleh bapak Mushonif, selaku Vice President Area Yogyakarta. Hibah tenda kali ini diterima langsung oleh Sugeng Lana Raharjo mewakili  Pelaku pariwisata di Sekitar Taman Bendung Kamijoro.

Selain  pemberian hibah dari PT Pegadaian (Persero), Dinas Pariwisata juga telah memfasilitasi pemberian hibah berupa 50 pail Cat dari T Jotun Indonesia. Pemberian hibah ini akan ditujukan kepada seluruh pengelola desa wisata di Kulon Progo, yang saat ini telah mencapai jumlah 11 Desa Wisata. Serah terima Hibah Cat dari PT Jotun Indonesia  kepada Bpk. Agung  Marwan Nugroho (Ketua Forum Komunikasi Desa Wisata Kulon Progo).

“Kami berterima kasih kepada PT.Jotun dan PT.Pegadaian, mendatangakan mereka tidak mudah, mumpung mereka mendukung maka kita membuat to be different itu terwujud dengan bela beli Kulon Progo. kalau ke Kulon Progo sajiannya makan lokal maka ini akan menjadi to be different” jelas Bupati Kulon Progo.

Nia Desianti, Perwakilan PT.Jotun berterima kasih karena diberi kesampatan membantu negara untuk mempercantik sarana prasarana di daerah.

“Tujuan kami untuk CSR yaitu mempercantik ikon daerah, dengan dimulai di desa wisata, kita sudah memulai di Puncak Kleco. Untuk tahun depan semoga kita bisa lebih luas lagi dalam memperindah Kulon Progo dan  ke depan rencana kerjasama dengan PT. Pegadaian. Besar bantuan kami 50 pail (ember cat) dengan nominal Rp. 90 juta” kata Nia Desianti.