Syawalan Bersama Bupati Kulon Progo, Upaya Meningkatkan Sinergitas

Kulon Progo- Pemerintah Kabupaten Kulon Progo mengadakan acara Syawalan usai Hari Raya Idul Fitri 1440 H. Acara kali ini digelar bersama dengan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Kulon Progo,

Bertampat di halaman Pemkab Kulon Progo, Minggu (09/06/2019), acara ini dihadiri langsung oleh Bupati Kulon Progo, Hasto Wardoyo, bersama Wakil Bupati (Wabup), Sutedjo beserta jajaran Forkompimda Kabupaten Kulon Progo.

“Saya selaku Bupati dan bersama Wakil Bupati mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H dan memohon maaf selama bekerjasama jika terdapat salah paham dan komunikasi serta ikrar syawalan untuk saling memaafkan,” jelas Bupati Hasto dalam sambutannya.

Ia menyampaikan bahwa acara syawalan di lingkup semua pegawai Kabupaten Kulon Progo sebagai ajang silaturahmi dan saling bermaaf-memaafkan setelah cuti lebaran.

Syawalan ini menurutnya merupakan upaya menjaga tali silaturahmi untuk menguatkan sinergitas, komunikasi dan koordinasi serta menjalin hubungan baik diantara kita, baik dalam pelaksaanan tugas atau dalam kehidupan sehari-hari. Fokus dengan tugas untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat mewujudkan pembangunan di Kabupaten Kulon Progo.

“Dengan harapan agar hari pertama masuk kerja setelah cuti bersama libur lebaran langsung memberikan pelayanan kepada masyarakat,” jelasnya.

Dalam sambutannya, Bupati Hasto juga memberi contoh teladan yang baik adalah uswatun hasanah,  teladan umat islam adalah Nabi Muhaammad SAW. Pemimpin yang uswatun hasanah dapat menjadi contoh teladan yang baik seperti Rasulluah. Serta menjadi teladan, amanah dan pelopor dalam kebaikan.

Acara syawalan diakhiri dengan pembacaan doa yang disampaikan oleh Kementrian Agama (Kemenag) Kulon Progo. Dilanjutkan dengan bersalaman dengan Bupati dan Wabup, jajaran Forkompimda dan pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo.

Membangun Sinergitas Dalam Syawalan

Sementara itu, acara syawalan juga digelar oleh Pemerintah Daerah D.I Yogyakarta. Dilaksanakan Senin, (10/06/2019) pagi hingga siang hari. Di acara tersebut, masyarakat bertemu langsung dengan Gubernur dan Wakil Gubernur D.I Yogyakarta

Sekretaris Daerah DIY, Gatot Saptadi mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan pasca Lebaran di Pemda DIY. Open house menjadi ajang bagi pimpinan daerah DIY untuk bersilaturahmi dengan masyarakat.

“Silaturahmi dengan masyarakat selalu diawali dengan open house seperti ini. Dan telah kami siapkan di Bangsal Kepatihan kita siapkan sajian untuk 4.000 pengunjung. Ini merupakan rangkaian syawalan, tidak hanya dengan masyarakat umum seperti sekarang ini, nantinya akan dilanjut keliling ke kabupaten/kota, dan syawalan bersama Forkopimda,” ungkapnya saat ditemui di sela pelaksanaan open house di Bangsal Kepatihan, Yogyakarta.

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X di dampingi GKR Hemas dan Wakil Gubernur KGPAA Paku Alam X beserta GKBRAy Paku Alam juga terluhat hadir menyambut masyarakat.

Acara ini sudah sudah diadakan dari tahun ke tahun. Salah satu warga bernama Cipto Sudarmo mengaku kedatangannya ke Bangsal Kepatihan tidak hanya untuk bisa bertemu Gubernur dan Wakil Gubernur DIY tapi juga sebagai upaya merawat tradisi.

“Senang saya bisa bertemu Sri Sultan, dan juga bisa melestarikan adat Jawa,” ucap Mbah Cipto yang datang diantar anaknya.

Add Comment