Bantul Ekspo: Pameran Produk Unggulan dan Potensi Daerah

Bupati Bantul, Suharsono, saat menyerahkan piala kepada salah satu pemenang lomba di acara puncak Bantul Ekspo 2019. (Foto: Pemkab Bantul)

Bantul- Bupati Bantul, Suharsono, baru saja menutup secara resmi Bantul Ekspo 2019. Acara penutupan kali ini berlangsung di kawasan Pasar Seni Gabusan, (5/08/2019).

Bantul Ekspo merupakan ajang Pameran produk unggulan dan potensi daerah masyarakat Bantul. Tahun ini, Bantul Ekspo berlangsung dari tanggal 26 Juli 5 Agustus 2019.

Bupati Bantul Suharsono dalam kata sambutannya mengucapkab selamat dan terimakasih atas suksenya penyelenggaraan kegiatan ini. Bagik kepada panitia maupun masyarakat yang telah berkunjung sekaligus turut menyemarakkan berlangsungnya Bantul Ekspo.

“Kehadiran dan kunjungan seluruh masyarakat bagi kami memandang sebagai salah satu wujud dukungan terhadap pembangunan di Kabupaten Bantul. Disisi lain, keberadaan Bantul Ekspo tentunya sebagai media hiburan bagi masyarakat serta wahana edukasi dan media untuk mengetahui hasil-hasil pembangunan yang telah dilaksakan Pemkab Bantul selama ini,” jelasnya.

Bupati Bantul menambahkan saat ini iklim kompetisi semakin ketat untuk itu, dalam pasar produk umkm perlu disikapi dengan peningkatan intensitas perkenalan produk unggulan melalui berbagai jenis media promosi.

“Bantul Ekspo 2019 tentunya juga telah banyak memberikan kesan positif serta mampu memberikan inspirasi disejumlah pihak untuk turut memberdayakan dan mengembangkan potensi produk-produk UMKM yang ada di Bantul,” imbuhnya.

Menurutnya, bagi pelaku UMKM yang berpartisipasi dalam ajang ini, tentu akan dapat merasakan manfaat yang besar, yakni sebagai sarana memperluas jangkaun pemasaran maupun promosi produk unggulan. Dengan demikaian para pelaku umkm di Kabupaten Bantul akan mampu bersaing dengan pangsa pasar yang lebih luas.

Potensi Produk UMKM Bantul

Event tahunan yang ini mampu menyedot perhatian masyarakat Bantul dan sekitarnya. Kemasan tata kelola pameran yang apik, fasilitas dan aneka doorprize yang disediakan hampir seluruh Organisasi Perangkat Daerah menjadi daya tarik tersendiri.

Menurut Sekretaris Dinas Perdagangan, Priyo Harwijayanto, dalam laporannya menyebutkan, pelaksanaan Bantul Ekspo 2019 dapat berjalan dengan baik, aman dan lancar. Peserta event Bantul Ekspo 2019 terdiri dari stand OPD atau instansi vertikal, perbankan kecamatan dan organisasi binaan pemerintah seperti, dekranasda, IWAPI dan lain-lain sebanyak 62 unit.

Acara ini juga didukung oleh 63 stand swasta, 71 stand pasar malam, 54 PKL dan 6 tenda khusus otomotif mobil. Sedangkan berdasarkan pemantuan, jumlah pengunjung sebanyak lebih kurang 211.000 orang melebihi target yang ditentukan 200.000 orang, serta melibatkan sekitar 500 penari/pelaku seni mulai dari anak-anak PAUD, TK dan SD serta penampilan grup kesenian dari 17 kecamatan.

“Dipenghujung event Bantul Ekspo ini disampaikan juga hasil Lomba Bergodo dalam rangka peringatan Hari Jadi Kabupaten Bantul ke 188, Juara 1 diraih Kecamatan Bantul, disusul Kecamatan Sewon sebagai Juara 2 sedangkan Juara 3 di raih Kecamatan Imogiri,” ucap Ndaru salah satu panitia Bantul Ekspo.