IPTEK Kreanova Menoreh 2019, Dukung Prgogram Bela Beli Kulon Progo

Penilaian prototype atau produk inovasi dalam IPTEK Kreanova Menoreh 2019 oleh Bappeda Kulon Progo. (Foto: Bappeda Kulon Progo)

Kulon Progo- Pemerintah Kabupaten Kulon Progo terus berupaya mendorong kemajuan kreativitas. Melalui kecanggihan teknologi, Pemkab Kulon Progo  mengadakan kompetisi IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) Kreanova Menoreh (IKM).

IKM diharapkan berguna untuk masyarakat serta sebagai embrionisasi industri hilir produk lokal yang lahir dari masyarakat Kulon Progo. IKM Kulon Progo tahun ini telah menginjak tahun ke-6 di 2019 ini.

IKM di Kulon Progo telah menginjak tahun ke-6. Sebelumnya, Kreanova di buka untuk 2 kategori peserta yaitu pelajar dan umum. Pada tanggal 8 dan 9 Agustus 2019 lalu telah digelar tahap penilaian prototipe/produk inovasi.

Penilaian ini berlangsung di Ruang Tritis Gedung Kaca Kompleks Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Jalan Perwakilan No. 1 Wates. Diikuti oleh 16 peserta yang lolos tahap administrasi dari kategori pelajar 6 peserta dan umum 10 peserta.

Melalui pengembangan IPTEK terapan juga bisa mendukung pengembangan ekonomi kerakyatan. Apalgi dengan adanya program dalam bela beli Kulon Progo serta menyongsong keberadaan Bandara baru YIA.

Maka kompetisi yang terselenggara oleh Bidang Penelitian Pengembangan dan Pengendalian Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) ini dibuka untuk kategori Umum dan Pelajar.

Penghargaan Inovasi IPTEK

Penghargaan yang diberikan antara lain ialan kategori Bidang Anugerah Iptek Kreanova Menoreh. Beberapa yang dilombakan, kriteria, persyaratan, tata cara pengusulan dalam anugerah IKM, tata cara penilaian IKM.

IKM telah disebarkan melalui Desa/sekolah SMK yang ada di Kabupaten Kulon Progo. Selain Laflet juga pemasangan Baliho di 4 titik yang dianggap strategis agar bisa diketahui oleh khalayak umum.

Hal yang menjadi pembeda dari ajang kompetisi tahunan inovasi iptek oleh Bappeda Kulon Progo kali ini adalah munculnya wajah-wajah baru peserta baik dari kategori pelajar maupun umum.

Jumlah peserta juga ada peningkatan yang signifikan dari tahun sebelumnya. Sedangkan dari unsur dewan juri, Bidang Litbangdal selaku penyelenggara coba menghadirkan peneliti di Balai Penelitian Teknologi Bahan Alam-LIPI yaitu Muslih Anwar. Selain juri dari unsur Dewan Riset, Drs. H. Kasdiyono dan DR. M. Jumarin.

Tiga besar dari masing-masing kategori akan menerima Anugerah IPTEK Kreanova Menoreh pada upacara peringatan kemerdekaan RI ke-74 di Halaman Pemkab Kulon Progo.