Raih Juara 1, Perpus Desa Balecatur Ingin Wujudkan Masyarakat Cerdas dan Berkualitas

Penghargaan untuk Perpustakaan Desa “Sumber Ilmu” Balecatur yang berhasil meraih peringkat I dalam Lomba Perpustakaan Umum Desa/Kelurahan Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2019. (Foto: Pemkab Sleman)

Sleman- Perpustakaan Nasional RI tahun ini kembali menggelar dalam Lomba Perpustakaan Umum Desa/Kelurahan Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2019. Ajang kompetisi tahunan ini dilaksanakan untuk mengukur kinerja perpustakaan umum di desa dan kelurahan.

Tahun ini, (17/08/2019) Perpustakaan Desa “Sumber Ilmu” berhasil meraih peringkat I dalam Lomba tersebut. Berlangsung di Hotel Aryaduta, Tugu Tani, Jakarta, mulai pada Rabu 14/8/2019 hingga 16/8/2019.

Prestasi ini diraih melalui sejumlah tahapan pembinaan perpustakaan diantaranya Rintisan Desa Gemar Membaca (RDGM) tahun 2016, Akreditasi Perpustakaan dengan nilai A pada tahun 2018, Lomba Perpustakaan tingkat Kabupaten dan Propinsi.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sleman, Ir. A.A. Ayu Laksmidewi Triastika Putri, menyampaikan bahwa perpustakaan desa memiliki peran yang sangat strategis dalam mencerdaskan kehidupan masyarakat, terutama masyarakat desa di sekitar perpustakaan dan masyarakat luas pada umumnya.

Menggerakkan kegiatan Gemar Membaca terutama untuk anak-anak di zaman yang serba elektronik seperti saat ini menjadi sangat penting dan diharapkan minat baca buku dikalangan anak-anak tetap terpelihara.

“Diharapkan perolehan prestasi oleh Desa Balecatur ini dapat menjadi pemantik bagi berkembangnya perpusdes lainnya tidak hanya di Kabupaten Sleman namun juga di berbagai daerah lainnya,” jelasnya.

Juri dalam lomba kali ini terdiri dari berbagai unsur mewakili Perpusnas RI, Kementerian Dalam Negeri, para pakar perpustakaan, dan Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia yang dipimpin oleh Ketua Umum Ikatan Pustakawan Indonesia, T. Syamsul Bahri.

“Lomba Perpustakaan Desa tingkat nasional ini merupakan puncak dari rangkaian acara yang sudah dilaksanakan seleksi di tingkat kabupaten/kota, penentuan pemenang tingkat provinsi, pengiriman berkas ke tingkat nasional, penyeleksian berkas, hingga visitasi lapangan oleh para juri,” jelas Deni Kurniadi saat pembukaan final lomba di Hotel Aryaduta, Tugu Tani, Jakarta, pada Rabu (14/8/2019).

Perpustakaan Desa Balecatur

Perpustakaan Desa Balecatur yang berdiri tahun 2011 dan diresmikan oleh Kepala Desa Balecatur, Hj. Sebrat Haryanti pada tanggal 22 Agustus 2011, dengan SK Pendirian Nomor : 14/KEP.Kades/BLC/2011. Pada tahap final, sebanyak 18 perpustakaan desa/kelurahan yang mewakili provinsi masing-masing akan bersaing untuk menjadi yang terbaik dari tiga klaster yakni Klaster A, B, dan C. Dimana Perpustakaan Desa Balecatur masuk pada kategori cluster A.

Pada Lomba tingkat Nasional ini Probowo Wulantopo, Kepala Perpustakaan Desa Balecatur memaparkan presentasinya di hadapan juri. Visi Perpustakaan Desa Sumber Ilmu Balecatur Gamping Sleman adalah “Maju bersama Perpustakaan Sumber Ilmu mewujudkan masyarakat Desa Balecatur yang cerdas dan berkualitas.”

Perpusdes Balecatur memiliki sejumlah layanan unggulan diantaranya, layanan perpustakaan keliling, layanan pojok baca, ruang home theatre dan audio visual, ruang baca anak, sekolah kamis dan sekolah seni budaya. Probowo berkomitmen agar Perpusdes Balecatur dengan motto “Maju desaku bersama Sumber Ilmu ” senantiasa melayani masyarakat dengan penuh semangat baru dan harapan baru agar Perpustakaan Desa dapat mampu memberikan pelayanan yang nyaman dan baik untuk masyarakat wilayah Desa Balecatur khususnya dan masyarakat luas pada umumnya.