Realisasi Kabupaten Sehat

Kunjungan Tim Penilai KKS ke Kabupaten Sleman disambut langsung oleh Bupati Sleman, Sri Purnomo. (Foto: Pemkab Sleman)

Sleman- Pemerintah Kabupaten Sleman iterus berupaya mewujudkan Kabupaten Sleman yang sehat. Hal ini disampaikan langsung oleh Bupati Sleman, Sri Purnomo saat menerima kunjungan dari Tim Pembina Kabupaten Kota Sehat (KKS) Pusat.

Kunjungan Tim Pembina KKS ini berlangsung selama dua hari, yakni Senin-selasa (26-27/08/19), di Kabupaten Sleman. Saat menerima kunjungan, di Aula Kantor Bappeda Kabupaten Sleman Bupati mengatakan bahwa tahun ini Kabupaten Sleman kembali mengikuti penilaian KKS.

Dua tahun lalu, yakni pada tahun 2017, Kabupaten Sleman berhasil meraih penghargaan Swasti Saba Wistara yang merupakan penghargaan tertinggi dalam KKS. Pada penghargaan tersebut Kabupaten Sleman mengajukan tujuh tantanan terpilih.

“Kehadiran tim penilai KKS merupakan suatu kehormatan dan kebanggan karena memotivasi kami untuk melaksanakan upaya pembangunan dibidang kesehatan dengan lebih baik dan optimal lagi,” jelasnya.

Pada KKS tahun 2019 ini Pemkab Sleman juga mengajukan tujuh tatanan terpilih. Ketujuh tatanan tersebut masing-masing memiliki kegiatan unggulan yang telah dilaksanakan dan telah memenuhi indikator yang telah ditetapkan dalam pedoman penyelenggaraan Kabupaten Sehat.

Ketujuh tatanan yang diajukan yaitu kawasan permukiman dan sarana prasarana sehat, kawasan tertib lalu lintas dan pelayanan transportasi, industri dan perkantoran sehat, kehidupan sosial yang sehat, ketahanan pangan dan gizi, kehidupan masyarakat yang sehat dan mandiri, kawasan pariwisata sehat.

“Dengan kegiatan ini diharapkan pelaksanaan program pembangunan kesehatan di Kabupaten Sleman dapat dilakukan semakin efektif dan efisien,” tambahnya

Ciptakan Kabupaten Sehat

Pimpinan Tim Penilai KKS, Widya Utami mengatakan bahwa pada tahun 2019 ini,  kegiatan KKS diikuti oleh 202 kabupaten/kota dari 27 provinsi di seluruh Indonesia. Kunjungannya ke Kabupaten Sleman adalah untuk melihat dan memverifikasi langsung kegiatan yang sudah dilakukan dalam upaya mendukung KKS.

“Roh KKS selama ini adalah bagaimana keterlibatan pemerintah bersama masyarakat untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat,” jelas Widya.

Menurutnya kabupaten/kota di Provinsi DIY yang mengajukan KKS ada empat Wistara dan satu Wiwerda yang lolos. Ia berharap dalam penilaian KKS tahun ini Kabupaten Sleman dapat mempertankan prestasi yang telah diraih.

Add Comment