Sinergitas TNI dan Masyarakat dalam Program TNI Manunggal Membangun Desa

Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II TA 2019 di wilayah Kabupaten Bantul telah usai dilaksanakan. (Foto: Pemkab Bantul)

Bantul- Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II TA 2019 di wilayah Kabupaten Bantul telah usai dilaksanakan. Kapten CHB. Hermanto selaku Kepala Proyek TMMD Sengkuyung Tahap II TA. 2019 dalam laporannya menyampaikan bahwa pelaksanaan beberapa kegiatan telah selesai.

Sejumlah kegiatan berupa sasaran pokok, sasaran tambahan, serta penyuluhan yang sifatnya non-fisik. Operasi TNI Manunggal Membangun Desa Sengkuyung bertempat di Dusun Jambon, Bawuran, Pleret, Bantul. Pelaksanaan berlangsung mulai tanggal 10 Juli s.d 08 Agustus 2019.

Lebih lanjut Kapten Hermanto menambahkan bahwa kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai sasaran pokok antara lain yaitu  cor  block jalan dan bangket jalan.

Sasaran tambahan adalah bangket jalan, coor blok jalan dan rumah tidak laya huni (RTLH). Sasaran non fisik diantaranya berupa berbagai penyuluhan di bidang pendidikan bela negara, penanganan narkoba, penanggulangan terorisme/radikalisme, kesehatan, LH, kependudukan, serta penangggulangan bencana.

“Kami mengerahkan sekitar 120 personil yang terdiri dari unsur TNI 30 orang, Polres Bantul 10 orang, Pemda Kab.Bantul 5 orang, serta lainnya dari tagana, linmas, dan masyarakat setempat.” terang Hermanto.

TMMD Ke-105 TA 2019

Sementara Dandim Bantul mengatakan dalam TMMD Ke-105 TA 2019 ini mengusung tema Melalui TMMD Membangun untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat.

“Tema ini memiliki makna bahwa TNI bersama dengan PemDes dan masyarakat secara bersama-sama melaksanakan proses percepatan pembangunan terhadap fasilitas umum dan sosial untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,”. tuturnya.

Ia berharap adanya semangat kebersamaan dan kemanunggalan antara TNI dan rakyat, juga semangat gotong royong sebagai warisan bangsa terus dipelihara.

“Pelihara hasil program TMMD agar manfaatnya dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat. Satgas TMMD agar melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan TMMD untuk dijadikan bahan perbaikan pada TMMD mendatang. Dan kepada para prajurit yang tergabung dalam Satgas TMMD agar terus menjalin silaturahmi serta hubungan baik dengan masyarakat yang telah bersama-sama melaksanakan kegiatan TMMD.” Harapnya dalam mengakhiri penutupan TMMD tersebut.

Upacara penutupan dipimpin langsung oleh Komandan Kodim Letkol (Kav) Didi Carsidi, Kamis (08/08/2019).