Upaya Meningkatkan Kecintaan Terhadap Ikan Melalui Lomba Melukis

Lomba lukis tingkat dasar ini diikuti oleh 170 orang anak dari 17 kecamatan di Kabupaten Sleman (Foto: Pemkab Sleman)

Sleman- Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (DP3) menggelar lomba lukis tingkat Sekolah Dasar. Lomba ini diikuti oleh siswa/I SD Se-Kabupaten Sleman.

Kepala DP3 Kabupaten Sleman, Heru Saptono mengatakan bahwa lomba yang diikuti 170 orang anak dari 17 kecamatan di Kabupaten Sleman. Tema yang diangkat ialah ‘Wisata Minapadi Samberembe’. Lomba ini diselenggarakan untuk meningkatkan kecintaan anak pada ikan sejak usia dini.

“peserta lomba dibagi menjadi dua kategori, yaitu kategori A terdiri dari peserta anak  sekolah dasar kelas 1-3 dan kategori B yaitu peserta anak sekolah dasar kelas 4-6,” jelas Heru.

Bekerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Daerah Istimewa Yogyakarta acara ini terselenggara di Kampung Wisata Minapadi Samberembe, Candibinangun, Pakem pada Rabu (21/9/19).

Menurut keterangan dari Heru, di setiap kategori dalam lomba lukis ini memperebutkan trophy dari Bupati Sleman, Dinas Kelautan dan Perikanan DIY dan trophy dari DP3 Kabupaten Sleman dengan hadiah juara I-III yaitu sepeda dan juara harapan I dan II meja belajar.

Ketahanan Pangan

Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun mengatakan bahwa lomba ini digelar untuk menggali potensi anak melalui seni rupa, memupuk kreatifitas dan mengasah kepekaan emosi.  Selain itu juga mengenalkan ikan sejak usia dini serta pengenalan produk hasil perikanan Kampung Minapadi Samberembe pada masyarakat,

“Diharapkan dengan lomba ini dapat meningkatkan kecintaan anak pada ikan sehingga diharapkan pula dengan kecintaan  tersebut akan meningkatkan kegemaran mengkonsumsi ikan guna mencukupi asupan protein untuk pertumbuhan mereka,” jelasnya.

Menurutnya, ketersediaan ikan konsumsi perkapita/tahun di Kabupaten Sleman juga mengalami peningkatan. Pada tahun 2017 ketersediaan ikan konsumsi perkapita per tahun sebesar 25,81 perkapita dan pada tahun 2019 meningkat menjadi 27,52.

Ia berharap dengan peningkatan angka konsumsi ikan tersebut dapat menggerakan petani Sleman untuk mulai menerapkan metode minapadi.

Lebih lanjut Muslimatun menjelaskan bahwa dalam tiga tahun terakhir konsumsi makan ikan di Kabupaten Sleman terus mengalami kenaikan. Pada tahun 2019 konsumsi ikan mencapai 59 ton meningkat 10 ton dibanding tahun 2017.

“Ini merupakan kabar gembira mengingat optimalisasi tumbuh kembang anak sangat dipengaruhi asupan makanan yang dikonsumsi,” jelasnya.