Wabup Kulon Progo, Ajak Masyarakat Berdikari dan Berdaulat

Wakil Bupati Kulon Progo, Sutedjo, ikut memperingati Hari Kemerdekaan RI Ke-74 di Kabupaten. Ia berharap, kedepannya kabupaten Kulon Progo mampu berdaulat dan berdikari. (Foto: Pemkab Kulon Progo)

Kulon Progo- Wakil Bupati Kulon Progo, Sutedjo, beberapa waktu lalu berharap adanya kedaulatan dan semangat mandiri untuk membangun Kabupaten Kulon Progo. Hal ini disampaikan olehnya pada Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan RI Tahun 2019, Sabtu (17/8/2019).

“Harapannya kedaulatan ini harus diarahkan kedaulatan sepenuhnya. Apalah artinya kemerdekaan, jika tanpa berdaulat.Kita secara politis mungkin sudah berdaulat, tapi pada bagian-bagian tertentu dari perekonomian kita, kita belum 100% memiliki kedaulatan, masih ada kita yang tergantung dari bangsa lain,” jelasnya.

Menurutnya, inilah semangat yang harus digelorakan oleh masyarakat. Ia berpendapat bahwa pemimpin besar terdahulu, membangun spirit kita untuk berdikari, berdiri dikaki sendiri, ini suatu spirit yang luar biasa.

“Inilah yang seharusnya kita gelorakan. Jangan kita sedikit-sedikit impor, mari kita memproduksi sendiri, kalau perlu kita ekspor.” Kata Wakil Bupati.

Semangat untuk membangun kemandirian juga disampaikan Bupati saat menyampaikan sambutan pada pembukaan Nanggulan Expo yang dilaksanakan di Lapangan Kembang Kenteng Nanggulan.

“Mari tingkatkan kemandirian kita. Yen isoh gawe ngopo tuku, yen isoh ngingu ngopo tuku, yen isoh nandur ngopo tuku.  Dengan Jargon Bela dan Beli Kulon Progo mari membangun kemandirian” kata Wabup

Memaknai Kemerdekaan

Peringatan Hari Kemerdekaan di Kabupaten diisi dengan berbagai kegiatan. Antara lain Upacara Pemberian Remisi Umum Tahun 2019 bagi Narapidana dan anak Pidana di Rumah Tahanan Kelas II B Wates, Upacara Bendera di Halaman Pemda, Upacara bendera para pedagang di depan Pasar Wates, dan Upacara Detik-detik proklamasi di Alun-alun Wates.

Saat Upacara Pemberian Remisi Umum Tahun 2019 bagi Narapidana dan anak Pidana di Rumah Tahanan Kelas II B Wates, dengan Inspektur Upacara Wakil Bupati Kulon Progo, Sutedjo, Sabtu (17/8/2019). Pada kesempatan itu, Wabup menyerahkan Remisi Umum kepada 25 narapidana.

Di Rutan Kelas II B Wates, yang menerima Remisi pada peringatan HUT ke-64 Republik Indonesia ini ada 25 orang, dengan kriteria 22 orang RU 1 (Remisi Umum Sebagian) dan 3 orang RU 2 (Remisi Umum Keseluruhan).

Untuk Upacara Bendera di Halaman Pemkab Kulon Progo, Upacara dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kulon Progo, Ir. RM.Astungkoro, dengan peserta dari TNI, Polri, Ormas, Mahasiswa dan pelajar.

Sedangkan untuk Upacara Detik-detik Proklamasi yang diselenggarakan di Alun-alun Wates, dengan Inspektur Upacara Wakil Bupati Kulon Progo, Sutedjo. Pembacaan Teks Proklamasi oleh Ketua DPRD sementara Akhid Nuryati, diikuti TNI, Polri, Kepala OPD, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Ormas, Mahasiswa dan pelajar.