Seminar Nasional AAU Bertajuk Sains dan Teknologi, Undang Ilham Habibie

Ilham Habibie sedang memaparkan materinya dalam Seminar Nasional Sains, Teknologi dan Inovasi Indonesia 2019 di gedung Sanang Merauke AAU.(Jogjadailycom)

 

Maguwoharjo – Akademi Angkatan Udara (AAU) menggelar Seminar Nasional Sains, Teknologi dan Inovasi Indonesia (Senastindo) 2019 di gedung Sabang Merauke AAU, Yogyakarta, Rabu (25/9/2019). Seminar Nasional ini turut dihadiri Ilham Habibie selaku Ketua Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional RI.

Dengan seminar ini, diharapkan kedepan para generasi muda mampu membangun kemandirian bangsa dan negara khususnya kemandirian alutsista TNI.

Dalam sambutan Gubernur AAU, yang dibacakan Direktur Pendidikan (Dirdik) AAU Kolonel Pnb Bayu Hendra P disampaikan, bahwa Senastindo yang dilaksanakan di AAU merupakan bentuk kesiapan untuk menghadapi era revolusi industri 4.0 dalam menghasilkan produk inovasi yang mampu bersaing didunia Internasional.

“Kami sangat mengharapkan partsipasi para peserta untuk memanfaatkan kesempatan yang sangat berharga ini, agar yang disampaikan para Stakeholder dapat diserap dan dijadikan bekal serta diaplikasikan dalam menghadapi dinamika revolusi industri 4.0 yang penuh dengan tantangan.” Seperti dibaca Dirdik AAU.

Lebih lanjut dibacakan bahwa, dengan semakin banyaknya persaingan ilmu pengetahuan dan teknologi, tentunya inovasi harus terus dikembangkan dalam menghadapi revolusi industri 4.0.

“Seperti diketahui bersama bahwa di era globalisasi yang membawa konsekuensi bagi setiap individu untuk meningkatkan kemampuan, khususnya dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi serta mengembangkan inovasi untuk memenangkan persaingan dalam revolusi industri 4.0,” tuturnya.

Harapanya, seminar ini dapat menimbulkan ide-ide, pemikiran, serta karya-karya terbaik bangsa di dunia Internasional.

Seminar ini juga turut menghadirkan sejumlah pakar dibidang sains dan teknologi. Selain Dirjen Belmawa Kemenristekdikti Profesor Ismunandar, Ph.D sebagai Keynote Speaker, juga hadir Direktur Teknologi dan Pengembangan PT. Dirgantara Indonesia Marsma TNI Dr. Ir. Gita Amperiawan, M.Sc.

Lebih menariknya lagi, gelaran ini turut dihadiri oleh Dr. Ing. Ilham Akbar Habibie, M.B.A yang dikenal sebagai salah satu pakar penerbangan, sains dan teknologi.

Tantangan di Masa Depan

Ditemui usai seminar, terkait tantangan yang perlu segera dihdapi, beliau menyampaikan pendidikan yang harus selalu konsern untuk di tingkatkan.

“Pendidikan yang mengajarkan masyarakat secara luas bagaimana menggunakan teknologi dalam konteks keseharian,” Kata Ilham Habibie

Sambung Ilham, “karena, industri 4.0 itu banyak yang orang takuti akan adanya joblose, teknologi yang masuk manajadi banyak pekerjaan yang sudah kita kenal itu akan hilang,” Tutur Ilham Habibie.

Apa yang haru dilakukan, sambungnya, ekonomi perlu dibuat secara lokal, dan perlu banyak teknologi lagi, karena menurutnya ini merupakan konsep baru kedepannya.

Ia mengandaikan “kalau semua yang kita perlukan di jogja dibuat di jogja, mulai dari sepeda motor, makanan, obat obat. kalau kita bisa membuat dengan jumlah kecil tapi hanya untuk ekonomi setempat memang perlu adanya teknologi baru, banyak teknologi baru itu sudah memungkinkan hal itu, untuk itu masyarakat harus mempunyai skil tertentu,” ucapnya.

Menurut Ilham, ekonomi lokal harus didorong, ukm-ukm juga harus berkembang tetapai harus mengerti dan menerapkan teknologi.

“Tanpa teknologi kita hanya membeli sesuatu di satu tempat, dijual kembali dengan lebih mahal, karena menjadi perantara itu akan hilang.  Dengan kita bisa pesan dari mana saja, lewat internet langsung ke kita, jadi orang ditengah itu tidak perlu lagi di masa mendatang,” tutur Ilham Habibie.