Wujudkan Akuntabilitas Tata Kelola Desa

Wakil Bupati Kulon Progo, Sutedjo yang hadir dalam acara pemberian penghargaan mengatakan terdapat 54 penghargaan yang diberikan kepada desa dalam berbagai program. (Foto: Pemkab Kulon Progo)

Kulon Progo-  Desa menjadi salah satu bagian penting dari pembangunan di Indonesia. Tata kelola desa dalam hal ini perlu dipantau oleh pemerintah pusat. Upaya ini juga dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kulon Progo.

Beberapa hari lalu, melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PMD Dalduk dan KB) dan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo memberikan penghargaan mengenai Penilaian Penyelenggaraan Pemerintah Desa, Lembaga Kemasyarakatan Desa, Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dan BUMDes berprestasi tingkat

Wakil Bupati Kulon Progo, Sutedjo yang hadir dalam acara pemberian penghargaan mengatakan terdapat 54 penghargaan yang diberikan kepada desa dalam berbagai program.

“Saya berharap ini menjadi sebuah sistem evaluasi sehingga nantinya kegiatan ini rutin dilaksanakan dengan harapan setiap desa bekerja tidak asal-asalan, tetapi memiliki target tersendiri,” ujar Sutedjo.

Sudarmanto, selaku Kepala Dinas PMD Dalduk dan KB mengatakan bahwa penghargaan tersebut bertujuan untuk mendorong akuntabilitas tata kelola penyelenggaraan pemerintah desa sehingga dapat terwujudnya pemerintah desa yang profesional, efisien, dan efektif, terbuka, serta bertanggungjawab.

Penyematan penghargaan ini dilaksanakan di Aula Adikarto Kantor Kompleks Pemerintah Kabupaten Kulon Progo. Rabu (11/9/2019). Pengharagaan tersebut disematkan langsung oleh Wakil Bupati Kulon Progo.

“Penghargaan ini dimaksudkan untuk memberikan informasi dan panduan kepada pemerintah desa pada lembaga kemasyarakatan desa untuk mengetahui bagaimana progres untuk tata kelola masalah desa, progress kinerja BUMDes, dan progres LKD ke penyelenggara desa”, ujar Sudarmanto.

Penghargaan Tata Kelola Desa

Adapun penerima penghargaan kategori penyelenggara pemerintah desa diantaranya Desa Jatirejo, Desa Banaran, dan Desa Sidomulyo. Selanjutnya penerima penghargaan dengan kategori evaluasi dan penilaian terhadap capaian KKBPK diantaranya Desa Purwosari, Desa Temon Wetan, dan Desa Kebonharjo.

Kemudian penerima penghargaan BUMDes dengan kategori Best Practice dan Good Pratice yaitu Desa Ngentakrejo, Desa Bumirejo, dan Desa Bangun Cipto serta Desa Kaliagung dalam bidang kesehatan, Desa Ngentakrejo dalam bidang Aset Terbesar, Desa Jatirejo dalam bidang inovasi, dan Desa Sendangsari dalam bidang Public Trust.

Selanjutnya penghargaan lomba LKD dengan kategori lomba desa terbaik diantaranya Desa Ngargosari, Desa Banjararum, dan Desa Tirtorahayu. Kemudian kategori LPMD diantaranya desa Sidorejo, Desa Banjar Arum, dan Desa Salamrejo. Lalu kategori desa siaga diantaranya Desa Hargomulyo, Desa Bumirejo, dan Desa Bojong.

Kemudian penghargaan lomba posyandu diantaranya Desa Giripurwo, Desa Bumirejo, dan Desa Sentolo. Selanjutnya dengan kategori PKK Wajib dimenangkan oleh Desa Gulurejo, Desa Sendangsari, dan Srikayangan. Dan yang terakhir lomba PKK Pilihan diantaranya Desa Purwosari, Desa Wahyuharjo, Desa Ngargosari, dan Desa Tirtorahayu.