Wujudkan Jogja Smart City dengan Memanfaatkan Gas Bumi

Foto bersama Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti dengan Direktur Utama PGN Gigih Prakoso usai penandatanganan kerjasama dalam rangka mewujudkan Yogyakarta smart city. (Foto: Pemkot Yogyakarta)

Yogyakarta- Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti melakukan kerjsama dengan Direktur Utama PGN, Gigih Prakoso. Kerjasama ini dalam rangka mewujudkan program smart city di wilayah kota Yogyakarta.

Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta menggandeng PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) dalam penyediaan infrastruktur dan pemanfaatan gas bumi di Kota Yogya. Kerjasama ini berlangsung di ruang Nakula, Senin (2/9/2019) dengan penandatanganan nota kesepahaman oleh kedua belah pihak.

Menurut Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, penggunaan gas bumi sudah terbukti ramah lingkungan, efisien dan aman, diharapkan akan semakin meneguhkan Kota Yogyakarta sebagai kota nyaman huni dan pusat pelayanan jasa yang berdaya saing kuat untuk keberdayaan masyarakat dengan berpijak pada nilai keistimewaan.

Walikota menjelaskan jika program smart city merupakan program prioritas Pemkot Yogya untuk menciptakan Kota Yogya agar semakin nyaman huni, sehingga wisatawan dapat berlama-lama tinggal di Yogyakarta. Hal ini tentu akan menjadi salah satu pendorong ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Yogya.

“Pemanfaatan gas bumi di Kota Yogyakarta juga merupakan bagian dari komitmen Pemkot untuk mengurangi ketergantungan pada energi impor, baik minyak bumi maupun elpiji yang selama ini dikonsumsi masyarakat dan pelaku usaha” ujarnya

Pembangunan Infrastruktur

PGN akan memperluas jaringan infrastruktur untuk pemanfaatan gas bumi di Kota Yogyakarta sehingga produknya dari perusahaan tersebut bisa dinikmati lebih luas oleh masyarakat di Kota Yogya.

“Kerjasama ini dalam rangka menciptakan visi kota cerdas yang terpenuhi kebutuhan energinya dengan skala layanan mulai dari usaha kecil menengah (UKM), rumah tangga, hingga bisnis, dan komersial” jelas Gigih Prakoso.

Di Kota Yogya sendiri sudah ada satu usaha kuliner oleh-oleh khas Yogyakarta, yakni bakpia tugu, yang memanfaatkan gas yang diproduksi oleh PGN.

“PGN juga akan mendorong pelaku usaha hotel untuk memanfaatkan produk gas PGN karena gas milik PGN ini lebih efisien sehingga mampu meningkatkan daya saing usaha” ungkapnya.

Melalui kerjasama dengan Pemkot Yogyakarta, Ia berharap akan lebih banyak masyarakat dan pelaku usaha yang dapat menikmati manfaat gas bumi sebagai energi yang ramah lingkungan, efisien dan diproduksi di dalam negeri.

Add Comment