30 Pasar Tradisional di Kota Yogya Ramaikan Grebeg Pasar

Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti menghadiri acara Grebeg Pasar yang diikuti oleh 30 pasar tradisional di Kota Yogya. (Foto: Pemkot Yogyakarta)

Yogyakarta- Dalam rangka melestarikan Budaya Jawa, 30 pasar tradisional di Kota Yogya meramaikan Grebeg Pasar, Sabtu (19/10/2019). Grebeg pasar kali ini diisi dengan gunungan berisi hasil bumi, beberapa diantaranya berisi produk keunggulan pasar tradisional di Kota Yogyakarta.

Adapun gunungan yang diarak dalam Grebek Pasar tersebut berisikan barang dagangan dari masing-masing kelompok pedagang. Di antaranya adalah batik, tas, sepatu, sayur, buah, ayam dan lainnya sesuai dengan produk unggulan masing-masing pasar.

Acara ini juga merupakan serangkaian acara untuk meramaikan HUT ke-263 Kota Yogya. Tema yang diangkat ialah Drop-Dropan Bakul Pasar.

“Dengan acara ini diharapkan bisa menggairahkan kembali kunjungan belanja di pasar tradisional serta menjadikan pasar sebagai pusat ekonomi, pariwisata dan budaya. Juga menjadi ekspresi berkesenian para pedagang pasar,” jelas Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan, Kota Yogya, Yunianto Dwisutono.

Menurutnya, Grebeg Pasar bermakna filosofis sebagai ungkapan syukur kepada sang Pencipta atas berkah dan rahmat serta menjadi pengharapan agar sepanjang tahun ke depan pedagang pasar diberi rezeki dan dijauhkan dari sengkala.

Ramaikan Grebeg Pasar

Sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkingan Pemerintah Kota Yogya juga terlibat dalam acara tersebut, mereka mengenakan kostum Anoman. Para ASN tersebut tampil terlebih dahulu setelah itu disusul 32 kontingen pedagang pasar.

Hadir pula Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti dan Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, dalam perayaan ini.

“Perayaan ini sangat meriah sekali. Sekali lagi, dirgahayu ke-263 Kota Yogyakarta,” terang Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti.

Setiba di Balaikota, seluruh gunungan potensi yang dibawa kontingen menjadi rebutan ratusan warga. Adapun pasar tradisional yang mengikuti Grebeg pasar 2019 antara lain: Pasar Sentul, Pasar Gedong Kunning, Pasar Prawirotaman, Pasar Serangan, Pasar Lempuyangan, Pasar Ngasem, Pasar Gading, Pasar Beringharjo, Pasar Terban, dan Pasar Legi Kotagede.