Festival Pesona Lokal 2019, Promosikan Potensi Budaya dan Kearifan Lokal Yogyakarta

Irfan Budiarto (kiri) selaku Kepala Wilayah Area Jawa Tengah Adira Finance memberikan cendra mata kepada Marlina Handayani (kanan) Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata DIY saat melakukan konferenci pers Festival Pesona Lokal Yogyakarta. (jogjadailycom)

 

Yogyakarta, – kreatifitas budaya di Yogyakarta memang tidak ada hentinya untuk digali potensinya. Dalam hal tersebut , Perusahaan Pembiayaan Adira Finance, menggelar Festival Pesona Lokal 2019.

Guna mempromosikan potensi budaya, pariwisata dan kearifan lokal Yogyakarata, Adira Finance menggelar Festival Pesona Lokal 2019 yang akan diselenggarakan pada tanggal 19 Oktober 2019 bertempat di Alun-Alun Utara.

“Acara ini (Festival Pesona Lokal 2019) bertujuan untuk mempromosikan potensi budaya, pariwisata dan kearifan lokal Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah”. Kata Irfan Budiarto selaku Kepala Wilayah Area Jawa Tengah Adira Finance.

Dengan mengangkat tema “Rasakan Sensasi Pesona Lokal”, Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka HUT Adira Finance ke-29 dan digelar di 7 kota di Indonesia yaitu Medan, Denpasar Bali, Surabaya, Bandung, Makasar, Yogyakarta, dan jakarta.

Irfan juga mengajak kepada seluruh elemen masyarakat sekitar untuk memeriahkan festival tersebut, tidak terkecuali bagi mitra Adira Finance untuk tiurut berpartisipasi dalam pagelaran Festival Pesona Lokal Yogyakarta.

“Kami mengajak seluruh masyarakat dan ekosistem Adira Finance yang terdiri konsumen, mitra bisnis, dan karyawan untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini,” ujar Irfan

Berbagai aktifitas akan digelar di Festival Pesona Lokal 2019 Yogyakarta, antara lain Parade Karnaval, Budaya, Lomba Tari Lokal Kontemporer, Lomba Deain Motif Khas Lokal Kontemporer, Kompetisi ala Selebgram Lokal, Featifal Kuliner dan Foodtruck, dan Permainan lokal serta bazzar aneka produk lokal.

Sebagai huilight dari kegiatan Festival Pesona Lokal di 7 daerah di Indonesia, akan diberikan penghargaan khusus yaitu Kota Paling Mempesona kepada kota penyelenggara yang berhasil menampilksn pesona dan keunikan budaya lokal serta atraktivitas yang melibatkan masyarakatselama kegiatan berlangsung

Tidak hanya itu, terdapat pula penghargaan Provinsi Paling Mempesona, kepada Provinsi yang sukses dan brhasil memperlihatkan kekayaan budaya lokal yang beragam dan bervariasi.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata DIY Marlina Handayani, mengapresiasi dan mendukung Festival Pesona Lokal Yogyakarta yang diadakan Adira Finance.

Ia menyampaikan, DIY memang memiliki banyak sekali budaya dan mempunyai potensi lokal yang didukung dengan sarana dan prasarana pariwisata yang cukup baik, sehingga tidak salah jika Festival Pesona Lokal diadakan di wilayah DIY.

 

Festival Pasar Rakyat dan Kompetisi Foto & Video Sahabat Lokal

Selain Festival Pesona Lokal 2019, akan diadakan pula Pasar Rakyat 2019, bertujuan membangun citra positif pasar rakyat sebagai ruang publik yang kreatif, edukatif dan berbudaya. Sekaligus mendorong keterlibatan berbagai pihak agar menjadi bagian dari pembangunan pasar rakyat di Indonesia.

Tidak ketinggalan, bagi masyarakat umum khususnya generasi muda yang memeiliki hobi menciptakan konten konten menarik, terdapat pula ajang tahunan Kompetisi Foto dan Video Sahabat Lokal untuk yang ketiga kalinya.

Dengan mengangkat tema “Sensasi Lokal Kotaku”, Adira Finance juga mengajak para pesrta mengunggah hasil karya foto di Instagram atau video di Youtube yang menceritakan tentang potensi lokal.

“Semoga dengan adanya beberapa kegiatan tersebut dapat membuat ekosistem Adira Finance dan masyarakat Indonesia untuk semakin mencintai budaya dan kearifan lokal”, Tutup Irfan Budiarto.