Membaca Potensi UMKM di Kabupaten Sleman

Kegiatan Gelar Potensi UMKM dibuka secara resmi oleh Bupati Sleman, Sri Purnomo. (Foto: Pemkab Sleman)

Sleman- Kabupaten Sleman memiliki beberapa potensi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Potensi ini kemudian dikembangkan melalui Gelar Potensi UMKM yang berlangsung di lingkungan Kantor Kecamatan Tempel, Senin (28/10).

“Ini juga sebagai upaya penguatan dan peningkatan ekonomi masyarakat Tempel sekaligus sebagai pengendalian atau upaya menurunkan angka kemiskinan yang ada di wilayah Kecamatan Tempel,” kata Camat Tempel, Setiharno.

Menurut Setiharno, kegiatan tersebut diselenggarakan sebagai upaya mendorong pertumbuhan UMKM wilayah Kecamatan Tempel.

Terdapat kurang lebih 80 pelaku UMKM yang turut serta dalam kegiatan Gelar Potensi UMKM Kecamatan Tempel dengan berbagai produk seperti kuliner, kerajinan tangan dan berbagai produk olahan makanan yang berbahan dasar salak.

“Diluncurkannya inovasi Gerbang UMKM ini memang diharapkan dapat memberi motivasi bagi masyarakat Tempel.”

Katanya.Sebagai upaya membantu mengembangkan dan memperkenalkan potensi UMKM di wilayah Kecamatan Tempel, dalam kegiatan tersebut juga diluncurkan aplikasi Gerakan Membangun (Gerbang) UMKM yang merupakan inovasi yang dapat membantu memasarkan produk UMKM.

Setiharno juga menjelaskan aplikasi Gerbang ini memuat tiga unsur di dalamnya yaitu seni budaya, pariwisata dan UMKM di wilayah Kecamatan Tempel. Sehingga masyarakat akan lebih mudah mengetahui berbagai potensi yang ada di wilayah Tempel.

Aplikasi Gerbang UMKM

Kegiatan Gelar Potensi UMKM dibuka secara resmi oleh Bupati Sleman, Sri Purnomo.

Sri Purnomo menyampaikan apresiasinya terhadap penyelenggaraan Gerbang UMKM Kecamatan Tempel yang sekaligus meluncurkan inovasi Gerbang UMKM.

Menurutnya, mengkolaborasikan pemasaran UMKM melalui aplikasi merupakan langkah yang baik untuk membuat perubahan salah satunya bagi UMKM.

“Dengan aplikasi seperti ini kan secara otomatis pemasarannya akan lebih luas dan bisa diakses oleh siapapun dan dimanapun dengan catatan kesiapan SDM atau pengelola aplikasinya yang siap setiap saat,” katanya.

Sri Purnomo juga mengatakan inovasi tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan pelaku UMKM jika dipertahankan dan terus dikembangkan bersama-sama.

Add Comment