Membangun Indonesia dari Desa

Bupati Bantul, Suharsono, juga hadir dalam acara canangkan Kampung KB di Dusun Depok Desa Wonolelo Pleret Bantul. (Foto: Pemkab Bantul)

Bantul- Pemerintah Kabupaten Bantul terus berupaya membangun Indonesia. Menurut Kepala Dinas PPKBPMD Kabupaten Bantul, Nuryanti, Kementerian Desa  sebagai kementrian yang berwenang dalam memajukan pembangunan Indonesia dari desa-desa  merupakan program andalan Presiden Jokowi.

“Menurut Bapak Presiden, pembangunan Indonesia di awali dari desa-desa di seluruh Indonesia,” kata Nuryanti.  Maka dari itu, kata Nuryanti, bagaimana kita memanfaatkan suatu desa yang merupakan wilayah pinggir dari suatu daerah kabupaten untuk membangun wilayah dan masyarakat nya agar maju.

Hal ini disampaikannya saat menghadiri acara pencanangkan Kampung KB  di Dusun Depok Desa Wonolelo Pleret Bantul, Rabu (30/10).

“Kita harapkan bersama bahwa program KB tidak hanya sekedar perencanaan memiliki keturunan  dengan dua anak cukup, tetapi tentunya lebih dari itu, program KB harus kita maknai lebih luas yakni untuk merencanakan tumbuh kembang anak  mulai dari sejak dalam kandungan hingga usia dewasa. Untuk itu dalam program Kampung KB ini perlu inovasi-inovasi agar program ini dapat terlaksana lebih sukses dan lebih mensejahterakan masyarakatnya,” jelasnya lagi.

Di Kabupaten Bantul hingga saat ini sudah ada sebanyak 38 Kampung KB, ditambah 9 yang terbentuk pada kesempatan ini diantaranya Desa Wonolelo, Baturetno, Singosaren, Wirokerten, Jambidan, Tamanan, Tirtosari, Tamantirto, dan Srihardono.

Program Kampung KB               

Bupati Bantul, Suharsono, juga hadir dalam acara canangkan Kampung KB  di Dusun Depok Desa Wonolelo Pleret Bantul, Rabu (30/10).

Ia menyambut baik dan memberikan apresiasi  yang tinggi atas keberadaan aksi pencanangan Kampung KB. Kegiatan ini adalah melaksanakan  gerakan dari program KB yang mampu bersinergi dengan program pendidikan , kesehatan dan lingkungan lainnya.

“Kita harus menggalakan sosialisasi, komunikasi, edukasi tentang program KB kepada masyarakat  serta pelayanan KB di tingkat desa agar lebih ditingkatkan lagi,” kata Bupati Bantul.

Semoga ini menjadi momentum, tambah Bupati, untuk menggaungkan lebih kencang pentingnya melakukan percepatan pembangunan kesejahteraan keluarga.

Kampung KB adalah sebuah instrumen untuk mempercepat proses pengentasan kemiskinan. Untuk itu saya juga berharap momen ini bisa menjadi pemicu banyak pihak untuk melakukan intervensi  program secara  totalitas di Kampung  KB.

“Untuk itu saya memberikan apresiasi yang  tinggi pula kepada semua petugas lapangan KB yang luar biasa, juga kepada tokoh agama, tokoh masyarakat, anggota TNI/Polri yang selama ini telah bekerja sama agar program KB dan program pemberdayaan masyarakat di desa-desa di Wilayah Kabupaten Bantul dapat berjalan dengan baik,” katanya.

Add Comment