Predikat Utama Terbaik Kedua Diraih oleh PPID Kota Yogyakarta

Wakil Gubernur DIY, Sri Paku Alam X memberikan penghargaan PPID Utama Terbaik kedua Se-DIY yang diterima oleh Kepala Bidang Komunikasi Publik, Dinas Kominfosandi Kota Yogyakarta, Tedi Saparian. (Foto: Pemkot Yogyakarta)

Yogyakarta- Komisi Informasi Daerah (KID) DIY menyelenggarakan Penganugerahan Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Badan Publik tahun 2019. Acara ini berlangsung Sabtu (28/9) di Hotel Tara Yogyakarta.

Dalam penghargaan ini, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kota Yogyakarta berhasil meraih predikat sebagai PPID Utama Terbaik kedua. Penghargaan diberikan oleh Wakil Gubernur DIY, Sri Paku Alam X dan diterima oleh Kepala Bidang Komunikasi Publik, Dinas Kominfosandi Kota Yogyakarta, Tedi Saparian.

Tedi mengungkapkan apresiasinya terhadap kinerja KID DIY. Menurut Tedi, keberadaan KID DIY mampu memotivasi badan publik di wilayah DIY untuk memberikan pelayanan terbaik di bidang informasi publik.

“Menjadi pemacu sekaligus pemicu bagi kita semua untuk terus berkomitmen memberikan pelayanan informasi kepada masyarakat sesuai dengan standar pelayanan publik sebagaimana diatur dalam Undang Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik,” jelasnya.

Transparansi Informasi

Hazwan Iskandar Jaya selaku Ketua KID DIY menjelaskan bahwa perhelatan ini dimaksudkan untuk mewujudkan badan publik yang transparan dan akuntabel serta masyarakat yang partisipatif.

“Monev dilakukan secara rutin setiap tahunnya, dan pada tahun ini kami menggandeng akademisi untuk melakukan monev, yakni UGM dan Universitas Aisyiyah,” Ungkap Hazwan.

Mewakili Gubernur DIY, Sri Sultan HB X,  Wakil Gubernur DIY, Sri Paku Alam X  menyampaikan bahwa penghargaan ini dapat memicu Badan Publik untuk dapat mengelola informasi publik dengan baik sehingga bisa menjadi sumber informasi yang terpercaya bagi masyarakat.

“Informasi pemerintahan mencerminkan kualitas pemerintahan, terlebih di era 4.0 di mana informasi bergerak cepat dan tepat. Mudah-mudahan Badan Publik dapat menjadi sumber informasi yang mengedukasi masyarakat menjadi warga yang literat,” Tutur Gubernur DIY, Sri Sultan HB X dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Wakil Gubernur DIY, Sri Paku Alam X.