Kota Sehat Kategori Tertinggi Berhasil Diraih oleh Kota Yogyakarta

Penghargaan ini ialah penghargaan Swasti Saba Wistara yang diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Carnavian kepada Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti (Foto: Pemkot Yogyakarta)

Yogyakarta- Penghargaan bergengsi berhasil diraih Kota Yogyakarta sebagai Kota Sehat kategori tertinggi. Penghargaan ini ialah penghargaan Swasti Saba Wistara yang diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Carnavian kepada Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti di Gedung Sasana Bhakti Pradja Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Selasa (19/11/2019).

Pemerintah Kota Yogyakarta dinilai mampu mempertahankan komitmennya dalam membangun sinergitas dengan berbagai pemangku kepentingan dan masyarakat dalam membangun sektor kesehatan melalui tujuh tatanan, yakni tatanan ketahanan pangan dan gizi, kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, kawasan pariwisata sehat, kawasan industri dan perkantoran sehat, kawasan sarana lalu lintas tertib dan transportasi, kawasan  pemukiman, sarana dan prasarana umum, dan kehidupan sosial yang sehat.

Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti mempersembahkan penghargaan tersebut kepada warga Kota Yogya yang terus berupaya bersama pemerintah untuk membangun serta menjaga kesehatan.

“Kota sehat bukan hanya diampu oleh Dinas Kesehatan saja, namun semua unsur kelembagaan, serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Yogya pun juga terkait bagaimana menciptakan kondisi di Kota Yogyakarta agar menjadi kota sehat,” katanya.

Ia pun mengaku optimis di tahun 2019 ini Kota Yogya mampu meraih penghargan tersebut, pasalnya Pemkot Yogya beserta seluruh  komponen masyarakat telah berkomitmen penuh  untuk mempertahankan predikat tersebut dan juga mempertahankan Kota Yogya sebagai Kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni serta sebagai tempat untuk bekerja dan berkarya bagi warganya.

Prestasi ini berhasil diraih oleh Pemerintah Kota Yogyakarta tujuh kali secara berturut-turut.

Kota Sehat

Walikota menjelaskan perkembangan kota sehat di Kota Yogyakarta sudah bisa dilihat dan dirasakan diberbagai wilayah seperti di Malioboro, tempat publik, serta kehidupan sosial masyarakat.

“Contohnya sarana transportasi, kalau tidak ditata bagus maka berdampak juga pada kesehatan. Tatanan sosial pun juga begitu kalau tidak ditata juga dampaknya ke kesehatan,” ucapnya.

Menurutnya penghargaan tersebut akan semakin memberikan motivasi kepada Pemkot Yogya untuk meningkatkan layanan dibidang kesehatan kepada masyarakat, sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan di lingkungan masing-masing.

Hal senada dikatakan, Ketua Forum Kota Sehat Kota Yogya, Tri Kirana Muslidatun, Ia menjelaskan bahwa keberadaan kota sehat juga berdampak pada peningkatan kualitas pendidikan, kesehatan, sosial dan budaya.

Menurutnya penghargaan yang diterima oleh Kota Yogya  menjadi pijakan bagi masyarakat untuk selalu mewujudkan hidup sehat.

“Penghargaan ini bukan goal, namun harus dimaknai sebagai ajakan bagi warga Kota Yogya untuk terus menerapkan hidup sehat serta menjadi catatan bagi pemerintah untuk terus memberikan pelayanan prima di bidang kesehatan,” jelasnya.

Add Comment