Kota Yogyakarta Kembangkan Konsep Smart City

Pemkot Yogya memiliki aplikasi yang dinamakan Jogja Smart Service (JSS), yang bisa di unduh oleh masyarakat melalui Playstore. (Foto: Pemkot Yogyakarta)

Yogyakarta- Kota Yogya terus mengembangkan konsep Smart City. Implementasi konsep Smart City (kota pintar) ditingkatkan melalui inovasi aplikasi dan teknologi baru menuju pelayanan dan tatanan kehidupan masyarakat yang lebih baik.

“Pemkot Yogya memiliki aplikasi yang dinamakan Jogja Smart Service (JSS), yang bisa di unduh oleh masyarakat melalui Playstore,” ungkap kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Yogya, Tri Hastono saat memberikan penjelasan kepada tim juri Smart City Award di Jakarta, Senin (4/11/2019).

Upaya yang makin getol dari Pemerintah Kota (Pemkot) Yogya dalam pengembangan konsep smart city terlihat dari banyaknya aplikasi yang dikembangkan dan terhubung dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Terutama untuk memudahkan berbagai layanan bagi masyarakat.

Dengan satu aplikasi JSS ini, lanjutnya, masyarakat bisa dengan mudah dan cepat mengakses pelayanan di Kota Yogyakarta.

“Jadi JSS ini adalah Balaikota Yogya di duniamaya, JSS ini bisa memberikan pelayanan sebagaimana Balaikota didunia nyata, semua layanan bisa tuntas melalui JSS.” jelasnya.

Ia menjelaskan aplikasi JSS dibangun untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh berbagai informasi tentang Pemkot Yogya hingga penyampaian aduan atau permintaan layanan kegawatdaruratan.

Ditegaskan, pengembangan smart city di Kota Yogya diarahkan untuk memudahkan dan meningkatkan berbagai pelayanan masyarakat serta membantu mengelola sistem kepemerintahan yang lebih modern, transparan dan akuntabel.

Mengetahui Aplikasi JSS

Aplikasi tersebut juga memudahkan masyarakat untuk mengakses layanan wifi gratis yang disediakan Pemerintah Kota Yogyakarta di lebih dari 100 titik yang tersebar di berbagai wilayah Kota Yogyakarta.

“Pengembagannya juga untuk menjembatani adanya kesenjangan, baik itu kesenjangan lingkungan, sosial, ekonomi dan aspek lainnya untuk mewujudkan Kota Yogya sebagai kota pintar yang lebih maju” katanya.

Pengembangan JSS tak hanya layanan untuk administrasi kepemerintahan, namun juga berbagai aspek lain, seperti bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan, keamanan, sosial kemasyarakatan, hingga pemberdayaan ekonomi.

“Termasuk untuk mendukung pengembangan sektor pariwisata dan yang terkait seperti hotel, restoran, kuliner dan lainnya yang menjadi salah satu andalan bagi Kota Yogya,” ungkapnya.

Add Comment