Pemkab Sleman Komitmen Bantu Masyarakat Kurang Mampu

Bansos diserahkan langsung oleh Bupati Sleman, Sri Purnomo didampingi oleh Kepala Dinsos Kabupaten Sleman, Eko Suhargono. (Foto: Pemkab Sleman)

Sleman- Pemkab Sleman melalui Dinas Sosial Kabupaten Sleman berikan bantuan sosial (bansos), Kamis (31/10/19) bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman.

Bupati Sleman, Sri Purnomo menyampaikan bahwa penyerahan bantuan sosial ini merupakan bagian dari komitmen Pemerintah Kabupaten Sleman dalam membantu meringankan kelompok masyarakat tidak mampu serta kepedulian terhadap penyandang disabilitas.

Bansos diserahkan langsung oleh Bupati Sleman, Sri Purnomo didampingi oleh Kepala Dinsos Kabupaten Sleman, Eko Suhargono.

Melalui penyaluran bantuan ini, diharapkan para penerima bantuan khususnya kelompok rentan sosial ekonomi dapat memanfaatkan bantuan ini dengan bijaksana.

”Bantuan yang diberikan saat ini tidak sebatas untuk digunakan saat ini saja melainkan menjadi modal pemberdayaan sehingga dapat memutus rantai kemiskinan ke depannya,” kata Sri Purnomo.

Bantuan Sosial

Kepala Dinsos Kabupaten Sleman, Eko Suhargono menjelaskan bahwa bantuan tersebut berasal dari tiga sumber, yaitu APBD Kabupaten Sleman sebesar Rp 3.011.000.000, APBD DIY sebesar Rp 450.000.000 dan APBN sebesar Rp 2.100.000.000.

Bansos yang diberikan diantaranya yaitu bansos lansia rentan sosial ekonomi, KK non potensial, pelayanan anak asuh panti sosial, jaminan sosial bagi penyandang disabilitas berat, Kelompok Usaha Bersama, pendidikan, kesehatan dan lain-lain.

Selain itu bansos tersebut juga diberikan untuk rehab rumah tidak layak huni pada 100 orang dengan bantuan masing-masing sebesar Rp 15.000.000,-.

”Bansos diberikan melalui rekening masing-masing penerima manfaat. Sedangkan untuk bantuan lanjut usia rentan sosial ekonomi dan keluarga miskin non potensial melalui Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3) Sembada 9 Sleman,” jelas Eko.

Selain bansos, dalam acara ini Dinsos Sleman juga menyerahkan bantuan berupa alat bantu bagi penyandang disabilitas. Bantuan diberikan pada 13 orang penerima manfaat seperti kursi roda, kaki palsu, alat bantu dengar dan brace.

Add Comment