Sambut Musim Penghujan, DLHK DIY Sediakan Bibit Tanaman

Sambut musim penghujan, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) DIY menyediakan bibit tanaman untuk masyarakat. (Foto: Instagram/@balaibenihhutan_jogja)

Kulon Progo- Sambut musim penghujan, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) DIY menyediakan bibit tanaman untuk masyarakat. Melalui akun instagram resmi  Balai Perbenihan Kehutanan DIY @balaibenihhutan_jogja pada Senin (4/11/2019), DLHK menyampaikan pengumuman terkait layanan permohonan bibit tanaman gratis.

Informasi layanan permohonan bibit melalui Balai Perbenihan Kehutanan DLHK DIY tersebut dibenarkan oleh Rita Kusmiyati, Kepala Seksi Pelestarian Lingkungan dan Peningkatan Kapasitas Bidang Tata Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kulon Progo. Pihaknya mendapatkan informasi serupa Senin (4/11/2019) kemarin, melalui pesan singkat.

“Benar adanya. Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan bibit secara gratis, bisa melalui layanan tersebut dengan memenuhi kelengkapan sebagaimana dipersyaratkan” kata Rita.

Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) DIY menghimbau kepada masyarakat untuk menyambut datangnya musim hujan dengan menanam pohon/tanaman. DLHK DIY melalui Balai Perbenihan Kehutanan pun menyampaikan pengumuman terkait layanan permohonan bibit tanaman gratis. Informasi tersebut dirilis melalui akun instagram resmi  Balai Perbenihan Kehutanan DIY @balaibenihhutan_jogja pada Senin (4/11/2019) kemarin.

Pengajuan Permohonan Bibit

Dalam unggahan tersebut, dicantumkan tatacara permohonan bibit tanaman. Pertama, mengajukan surat/proposal permohonan bibit tanaman ke Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan DIY dengan alamat kantor Jln. Argulobang No.19 Baciro, Yogyakarta.

Kedua, isi surat atau proposal tersebut menyebutkan: tujuan penanaman, lokasi penanaman, waktu penanaman, jenis dan jumlah bibit yang akan ditanam. Bibit yang tersedia, antara lain: sirsat, jati, munggur/trembesi, mahoni, sengon, dan nangka. Ketiga, surat/proposal ditandatangani dan diberi stempel resmi. Dan keempat, mencantumkan kontak person pemohon. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi layanan telepon (0274) 549077 atau via email ke [email protected].

“Permohonan bibit kepada BPDASHL Serayu Opak Progo salah satu caranya bisa menggunakan aplikasi yang dapat diunduh pada Google Play Store. Nama aplikasinya SI MOBIS. Aplikasi ini mempermudah alur distribusi bibit gratis” pungkasnya.

Rita menambahkan, sejauh ini layanan permohonan bibit pohon atau tanaman secara gratis bagi warga masyarakat DIY disediakan oleh 2 instansi yaitu Balai Perbenihan Kehutanan DLHK DIY dan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Serayu Opak Progo.

Persemaian Permanen Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Serayu Opak Progo yang selanjutnya sering disebut PP BPDASHLSOP terletak di komplek Tahura Bunder, Desa Gading, Kecamatan Playen, Kab. Gunungkidul Propinsi D. I. Yogyakarta.

Add Comment