Tumbuhkan Minat Baca, Pemkab Sleman Resmikan Gedung Perpustakaan Desa Condongcatur

Sejumlah siswa di Kabupaten Sleman sedang berkunjung dan membaca buku di perpustakaan Desa Condongcatur. (Foto: Pemkab Sleman)

Sleman- Bupati Sleman Sri Purnomo resmikan gedung Perpustakaan Desa Condongcatur atau yang disebut Pustaka Loka. Selain itu, Kamis (21/11). Keberadaan gedung perpustakaan merupakan upaya Pemkab Sleman untuk menumbuhkan minat baca masyarakat.

Menurutnya, penyelenggaraan Gerakan Minat Baca dan Workshop Gerakan Cinta Membaca Karya (Genta Cahaya) tersebut merupakan momen yang strategis untuk mendukung minat masyarakat dalam memperluasan wawasan dan pengetahuannya dengan membaca.

“Meski demikian kita tahu bahwa proses finta membaca tidak tercipta begitu saja, dibutuhkan upaya pembiasaan diri secara konsisten.” Katanya.

Rangkaian acara yang berpusat di Balai Desa Condongcatur tersebut dilanjutkan dengan Sarasehan Gerakan Minat membaca, Workshop Gerakan Cinta Membaca Hasil Karya, dan pengukuhan Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca Kecamatan Depok.

Bupati Sleman berharap komitmen desa Condongcatur tersebut dapat dicontoh oleh pemerintah desa lainya sehingga meningkatkan minat baca generasi muda serta seluruh komponen masyarakat.

Gerakan Literasi

Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kab Sleman Arif Haryono mengatakan Maksud dilaksanakannya rintisan Desa Gemar membaca adalah untuk meninngkatkan pengelolaan perpustakaan dan membudayakan gemar membaca kepada masyarakat.

Adapun kriterian rintisan gemar membaca  Arif mengatakan yakni, organisasi dan SOTK, gedung dan sarpras, koleksi bahan perpustakaan, perlengkapan dan peralatan, sistem/mode, anggaran dan tenaga.

Dalam hal ini, Sri Purnomo menghimbau kepada seluruh pihak agar agar memulai gerakan literasi dengan membiasakan anak membaca minimal 15 menit setiap harinya sejak dini bahkan sejak anak belum bisa membaca kenalkanlah dengan buku.

“Selain itu, Untuk menunjang hal tersebut, Pemkab Sleman berkewajiban menjamin hak masyarakat untuk memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan melalui layanan perpustakaan,” tambahnya.

Add Comment