Kulon Progo Raih Juara 2 Kategori Ekowisata dalam Trisakti Tourism Award 2019

Bupati Kulon Progo saat menerima penghargaan Trisakti Tourism Award 2019 (Foto: Pemkab Kulon Progo)

Jakarta — Presiden RI ke 5 Megawati Soekarnoputri memberikan penghargaan Trisakti Tourism Award 2019 di kategori Ekowisata kepada sejumlah daerah, salah satu diantaranya adalah Kabupaten Kulon Progo untuk kategori ekowisata. Kulon Progo menempati posisi dua di bawah Kabupaten Banyuwangi dan di atas Kota Batu yang berada di posisi ketiga. Penyerahan dilakukan di Jakarta Convention Center, Minggu (22/12/2019).

Trisakti Tourism Award adalah pemberian penghargaan kepada pemerintah daerah dan pemerintah kota yang berprestasi dalam mengembangkan pariwisata di daerahnya yang diprakarsai oleh Yayasan Kusuma Pertiwi dan didukung oleh Majalah Destinasi Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut dihadiri Presiden ke-5 RI Megawati Soekarno Putri, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio, Menkumham, Yasonna Laoly, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), I Gusti Ayu Bintang Darmawati, para Gubernur, Bupati dan Walikota se- Indonesia.

Penggagas Trisakti Tourism Award, Wisyanti menuturkan, pemberian penghargaan itu untuk mendorong kemajuan industri pariwisata Indonesia.

“Saya berharap para Kepala Daerah semakin terpacu dan bekerja keras membangun destinasi dan industri,” tuturnya.

Ketua Dewan Juri Trisakti Award Sapta, Nirwandar menyatakan pemenang didapat dari 60 lebih kabupaten/kota yang mendaftar sebagai peserta.

Juara 2 Kategori Ekowisata

Trisakti Tourism Award 2019 memberikan penghargaan kepada 13 pemenang kategori wisata bahari, ekowisata, wisata budaya dan sejarah, wisata kuliner dan belanja, dan wisata petualang kepada pemerintah daerah atas kontribusinya pada pengembangan pariwisata daerah.

Daftar Pemenang Trisakti Tourism Award 2019, untuk kategori wisata bahari, juara pertama Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, diikuti Kabupaten Sumbawa, NTB, dan Kabupaten Belitung, Babel. Kemudian kategori ekowisata, untuk juara satu diraih oleh Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur diikuti Kabupaten Kulonprogo, D.I. Yogyakarta juara dua, dan Kota Batu, Jawa Timur juara tiga.

Selanjutnya, untuk kategori wisata kuliner dan belanja diraih Kota Semarang, Jawa Tengah, Kota Surakarta, Jawa Tengah, dan Kota Medan, Sumatera Utara.Pada penghargaan khusus diraih Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, Sulawesi Utara, dan Provinsi Sumatera Selatan.

Bupati Kulon Progo, Drs. H. Sutedjo, berharap, dengan diperolehnya penghargaan ini, sektor Pariwisata di Kulon Progo semakin baik dan berkembang menuju wisata yang kompetitif dengan angka kunjungan wisata yang semakin meningkat.

“Saat ini objek wisata di Kulon Progo cenderung mengalami peningkatan, baik itu dari segi kunjungan wisata maupun jumlah objek wisata yang ada di pengunungan menoreh maupun di seputar pesisir pantai. Dengan demikian kami sangat berharap perkembangan industri pariwisata dapat meningkatkan PAD dan kesejahteraan masyarakat setempat” tegasnya.