Bakti Kampus UST, Diikuti 1.244 Mahasiswa Peserta KKN

Acara bakti kampus UST Yogyakarta (Foto: LP3M UST)

Jogja — Lembaga Penelitian, Pengembangan, dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan Bakti Kampus dengan tema ‘Kampoeng-Kampus: Cinta dan Peduli Lingkungan’ sebagai wujud kerjanyata mahasiswa sebelum diterjunkan di lokasi KKN pada pelaksanaan KKN antar semester periode II tahun akademik 2019/2020.

Acara Bakti Kampus ini terselenggara atas kerja sama UST Yogyakarta dengan Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta dan FKWA (Forum Komunikasi Winongo Asri), yang menonjolkan Kolaborasi antara Kampoeng dan Kampus dalam Kegiatan KKN untuk meningkatkan kepedulian civitas akademika serta pemberdayaan masyarakat melalui Program Pemerintah Kota Yogyakarta yaitu Gandeng Gendong. Acara bakti kampus dilakukan pada Minggu, (05/01/2020).

Turut hadir dalam acara tersebut, Pimpinan UST,  BAPPEDA Kota Yogyakarta, Sekretaris dan para Kapus LP3M UST, para Dosen Taskforce LP3M, Ketua Pusat PPM UST, Akbar Al-Masjid, M. Pd, Polsek Tegalrejo, Ketua RW 2 Kel. Kricak (Rowandi), DANDIM Tegalrejo, Forum Komunikasi Winongo Asri, Purnomo, dan dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta.

Diikuti 1.244 Mahasiswa Peserta KKN

Bakti Kampus diikuti oleh 1.244 mahasiswa peserta KKN yang akan melakukan kegiatan di lokasi yaitu: RTHP Taman GEP (Gajahwong Educational Park) Gambiran, Kelurahan Pandeyan, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta; RTHP Taman Flamboyan, Kelurahan Kricak, Kecamatan Tegalrejo ; Sungai Winongo, Kelurahan Kricak, Kecamatan Tegalrejo; Wilayah sekitar lingkungan kampus UST Yogyakarta di Jalan Taman Siswa, Kusumanegara, Batikan, Kota Yogyakarta; Wilayah sekitar lingkungan kantor Kelurahan Tahunan dan Rejowinangun.

Upacara pembukaan Bakti Kampus di halaman Kampus Pusat UST diawali dengan laporan Kepala LP3M UST, Dra. Siti Rochmiyati, M.Pd, yang menyampaikan bahwa bakti kampus bertujuan untuk menyiapkan mahasiswa secara fisik dan psikis sebelum terjun ke padepokan atau lokasi KKN. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta, Ir. Suyana.

Rektor UST, Drs. H. Pardimin, M.Pd., Ph.D, memberikan sambutan sekaligus secara resmi melepas mahasiswa untuk melaksanakan bakti kampus. Acara pembukaan diakhiri dengan penyerahan secara simbolis pesan edukasi, tanaman bunga dan alat kerja bakti yang diserahkan oleh Rektor UST kepada perwakilan mahasiswa KKN.

Ketua Pengelola KKN LP3M-UST, Abdul Rahim, M. Pd, menjelaskan bahwa, bakti kampus dilakukan dengan penanaman bunga, pemasangan plang edukasi, pembersihan lingkunan bantaran sungai dan tempat ibadah.

“Di Taman Gajah Wong dilakukan  penanaman tanaman bunga dan pemasangan plang edukasi. Bakti Kampus di Taman Flamboyan dilaksanakan dengan bersih lingkungan dan bersih-bersih di bantaran sungai winongo sekitar taman tersebut. Sedangkan, bakti kampus di lingkungan Kampus UST, Keluarahan Tahunan, Kelurahan Rejowingaun , Pendopo Tamansiswa dan tempat-tempat ibadah, yaitu dengan membersihkan lingkungan di wilayah tersebut,” ungkapnya.