Bupati Resmikan Rumah Kemasan BUMDes Giri Sejahtera, Pendukung Sektor Pariwisata Gunungkidul

Bupati Gunungkidul saat meresmikan rumah kemasan BUMDes Giri Sejahtera (Foto: Pemkab Gunungkidul)

GIRIPANGGANG, Gunungkidul −  Bupati Gunungkidul, Badingah, meresmikan rumah kemasan, program pilot inkubasi inovasi desa pengembangan ekonomi lokal bantuan dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, di Desa Giripanggung, Kecamatan Tepus, diresmikan Kamis pagi (16/01/2020).

Acara dimulai dengan penandatanganan prasasti Oleh Bupati dan pemotongan pita dari Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3AKBPMD), Sujoko, menandai peresmian rumah kemasan.

Kepala Desa Giripanggung, Ngadi, menyampaikan bahwa, rumah kemasan tersebut akan dimanfaatkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Giri Sejahtera untuk menampung sekaligus sebagai sentra pengemasan dari produk olahan yang ada di Desa Giripanggung.

Dalam sambutannya, Bupati Gunungkidul, Badingah, mengungkapkan bahwa, rumah kemasan dapat dimanfaatkan BUMDes dan dapat berdampak positif bagi masyarakat.

“Saya berharap rumah kemasan yang akan dimanfaatkan BUMDes Giri Sejahtera ini kedepan dapat berkembang, pemerintah desa agar terus memotivasi, bagaimana agar usaha ini dapat bertahan dan memberikan dampak positif tentunya kesejahteraan bagi masyarakat,” ungkapnya.

Pendukung Sektor Pariwisata Gunungkidul

Bupati Gunungkidul menyampaikan, BUMDes Giri Sejahtera dapat menjadi pendukung sektor pariwisata dengan menyajikan olahan-olahan khas, dengan sajian kemasan dan pelayanan yang baik dan menarik.

“Karena pelayanan yang baik, kemasan yang baik, akan menjadi daya tarik, tentunya dengan kualitas yang baik pula,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, ia juga menyampaikan pesan kepada kades yang baru saja dilantik beberapa waktu yang lalu, agar dapat amanah dalam menjalankan tugasnya, dan selalu membangun komunikasi dengan dinas terkait.

“Yang terpenting bagaimana masyarakat Desa Giripanggung selalu guyub rukun, mewujudkan masyarakat Gunungkidul yang maju, mandiri, sejahtera lahir dan batin,” pungkasnya.

Acara peresmian diakhiri peninjauan ke lokasi rumah kemasan seluruh tamu undangan.