Penggunaan Gula Semut, Inovasi Kelompok UMKM Wingko Mekar Dua

Kelompok UMKM Wingko Mekar Dua (Foto: Dinas koperasi dan UKM Kulon Progo)

NGASEMAN, Kulon Progo — Potensi Kulon Progo begitu besar untuk dieksplor. Berbagai Sumber Daya Alam bisa dikelola menjadi berbagai manfaat yang mampu meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat Kulon Progo pada umumnya. Seperti halnya potensi yang dikelola oleh pelaku UMKM Kulon Progo sudah sangatlah beragam dan beraneka macam, sehingga masyarakat yang membutuhkan produk UMKM bisa dengan mudah mendapatkannya.

Berbagai produk UMKM yang mampu bersaing dipasaran antara lain: produk kerajinan, produk batik, produk makanan olahan, dan lain-lain. Salah satu produk UMKM yang kini semakin berkembang dan digemari oleh masyarakat luas, adalah Wingko Kelapa Muda Mekar Dua.

Kelompok UMKM Wingko Kelapa Muda Mekar Dua beralamat di Dusun Ngaseman, RT.25, RW.07, Desa Hargorejo, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, DIY, memproduksi wingko kelapa muda.

Saai ini, kelompok UMKM Wingko Kelapa Muda Mekar Dua berinovasi membuat produk wingko dengan bahan dasar produk unggulan Kulon Progo yaitu gula semut dan kelapa dari Perbukitan Menoreh.  Wingko gula semut ini diproduksi dengan beberapa varian rasa seperti durian, jeruk purut, nangka, jahe dan original. Semua varian rasa menggunakan bahan asli bukan essens atau perasa.

Wingko ini telah di lakukan test food dan dibahas oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Kulon Progo, Sri Harmintarti; Kasi Pengembangan Usaha, Nur Abdul Rahman; dan Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan, Suwastri Asih, pada Selasa (14/01/2020), bertempat di Dinas Koperasi UKM Kabupaten Kulon Progo, dengan hasil bagus.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Kulon Progo, Sri Harmintarti, mengungkapkan, mengenai rasa wingko produksi kelompok UMKM Wingko Mekar Dua.

“Rasa wingko ini sangat istimewa dan tidak terlalu manis,” ungkapnya.

Penggunaan Gula Semut

Wingko produksi kelompok UMKM Wingko Kelapa Muda Mekar Dua, memiliki keunggulan yaitu penggunaan gula semut. Gula semut ini mempunyai indek glikemiks lebih rendah dibandingkan gula pasir sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes karena dibuat dengan gula semut.

Berhasilnya kelompok UMKM Wingko Kelapa Muda Mekar Dua membuat inovasi wingko sehat ini, menjadikan Mekar Dua diminta menjadi narasumber dan melatih kelompok lingkungan kegiatan pelatihan Wingko berbahan gula semut, pada kegiatan pengembangan usaha wingko bagi UMKM Kulon Progo. Kegiatan tersebut rencananya akan dilaksanakan pada mulai bulan Maret 2020 oleh Dinas Koperasi UKM Kabupaten Kulon Progo melalui Dana Alokasi Khusus.

Semakin berkembangnya inovasi berbagai produk UMKM di Kabupaten Kulon Progo diharapkan mampu bersaing dengan produk UMKM dari luar daerah maupun negeri, sehingga produk Kulon Progo mampu menjadi tuan rumah di daerahnya sendiri.

Selain itu, produk UMKM di Kabupaten Kulon Progo kedepannya mampu memberikan peningkatan perekonomian dan peningkatan kesejahteraan bagi pelaku UMKM khususnya dan masyarakat Kulon Progo pada umumnya.