Perolehan Medali Meningkat, Atlet Berprestasi Dapat Bonus

Pemkot Jogja berikan bonus atlet berprestasi (Foto: Pemkot Jogja)

Jogja —  Sejumlah atlet berprestasi diganjar bonus dari Pemerintah Kota Yogyakarta setelah berhasil meraih medali emas sekaligus mengharumkan Kota Yogyakarta di ajang Porda XV DIY. Bonus diserahkan langsung oleh Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi di Grha Pandawa, pada Selasa (31/12/2019). Bonus diberikan kepada atlet dan official Porda XV 2019.

Total bonus yang dicairkan sebesar Rp6.050 miliar untuk atlet kontingen Porda dan Sea Games 2019.

Salah satu atlet yang mendapatkan bonus itu yakni Armandani Putra Nan Sidiq dari cabang olahraga renang dengan bonus Rp50,7 juta. Armandani berhasil menyumbang tiga medali emas.

Atlet cabang olahraga golf, Kintan Putri Rais, berhasil memboyong empat medali emas dan mendapat bonus senilai Rp52 juta. Selain itu, dua atlet Kota Yogyakarta yang berhasil meraih medali emas di ajang sea games 2019, masing-masing juga mengantongi Rp10 juta..

Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi dalam sambutannya mengungkapkan, tali asih ini ini merupakan bentuk dukungan Pemerintah Kota Yogyakarta.

“Jangan dinilai dari jumlahnya, tali asih ini merupakan bentuk dukungan sekaligus kepedulian kita bersama untuk kemajuan atlet Kota Yogyakarta,” ucapnya.

Heroe menyebut meski Kota Yogyakarta belum menjadi juara umum, namun prestasi Kota Yogyakarta terus mengalami peningkatan, dibuktikan dengan perolehan medali yang lebih banyak dibandingkan Porda sebelum-sebelumnya.

“Ini adalah bukti bahwa pembinaan dan pelatihan yang kita lakukan berhasil, apapun hasilnya kita tentu akan memberikan apresiasi karena para atlet sudah berjuang sepenuhnya,” imbuhnya.

Perolehan Medali Meningkat

Hal senada disampaikan Ketua KONI Kota Yogyakarta, Tri Joko, meski kontingen Kota Yogyakarta belum mampu menjadi juara umum namun ada peningkatan signifikan dalam perolehan medalinya.

“Dalam ajang Porda DIY XV Kota Yogyakarta berhasil mengumpulkan total medali 396, medali emas sebanyak 134, Perak 131 dan Perunggu 133,” ungkapnya.

Pihaknya mengaku akan terus melakukan pembinaan dan berjuang untuk terus mendorong atlet Kota Yogyakarta agar kedepan semakin berprestasi baik di ajang nasional maupun internasional.

“Tali asih ini kami berikan untuk atlet, pelatih dan juga official,” jelasnya.

Atlet perorangan peraih emas mendapatkan Rp13 juta, Perak Rp4,5 juta, dan perunggu Rp2,250 juta. Sementara atlet yang turun di nomor ganda, peraih emas mendapat Rp9 juta, perak Rp3,4 juta dan perunggu Rp1,8 juta.

Selain itu, atlet beregu 3 hingga 8 orang peraih medali emas mendapat tali asih sebesar Rp7 juta, perak 2,4 juta, dan perunggu Rp1,3 juta. Dan untuk atlet beregu di atas 9 orang, peraih medali emas meraih Rp5 juta, perak Rp1,8 juta, dan perunggu Rp1,2 juta.

Tri Joko mengungkapkan, cabor yang juara umum  juga mendapatkan tali asih.

“Selain itu, cabor yang juara umum juga diberi tali asih sebesar Rp10 juta, kemudian peringkat kedua Rp5 juta, dan peringkat ketiga Rp3,5 juta,” pungkasnya.