Santap Serundeng Bu Ambar Bikin Harimu Tak Lagi Ambyar

Ayam Serundeng Khas Bu Ambar. (Foto: Fery Harmas)

Kalimanjung – Siapkan bumbu-bumbu, mulai dari bawang bombay, cabai, bawang putih, bawang merah, ketumbar, kunyit, gula, asam jawa, daun salam, daun jeruk, dan lengkuas. Bumbu-bumbu ini terlebih dahulu dilumatkan sebelum digunakan, campur semuanya dengan satu wadah penggorengan beserta bahan utama, yakni kelapa muda yang telah diparut. Jika sudah berwarna kuning cokelat keemasan, waktunya diangkat lalu tiriskan. Begitulah sekilas cara mudah dalam membuat serundeng rumahan. Memiliki rasa yang sangat gurih jadikan Serundeng tambahan lauk pauk yang harus anda coba miliki.

Bagi Anda penikmat kuliner jalanan khas Indonesia, tentu sudah tidak asing dengan serundeng bukan? Makanan yang satu ini sering kali dijadikan pendamping makanan utama. Seringnya di Indonesia, serundeng kerap kali disandingkan dengan olahan daging sapi goreng ataupun soto. Sedangkan di Kota Yogyakarta, serundeng masih sangat jarang dapat kita temui, terlebih di warung makan pojok jalan atau pinggir jalan.

Beruntung bagi Anda yang berdomisili di daerah Gamping, tepatnya di Jalan Yudhistira, Kalimanjung, RT. 05 Ambarketawang, Gamping, Sleman. Jika dari arah PKU Muhammdiyah Gamping, Anda cukup lurus mengarah ke selatan melewati jalanan berukuran lebar sekitar 4 meter dan berhenti di Jalan Yudhistira bertemu dengan pagar paling ujung, lalu belok kanan. Terdapat sebuah warung makan sederhana dengan menu spesialnya. Tak lain dan tak bukan tentu kita berbicara serundeng. Pecel Lele Bu Ambar nama warungnya. Berkisar ukuran 2,5 x 4 meter, warung ini akan membuat Anda harus memasukkan ke dalam daftar makanan favorit karena menu yang mereka hidangkan.

Hanya Hobi Semata

Sang Pemilik menuturkan, dirinya bersama suami memang tidak ada rencana untuk membuat menu spesial ini sebelumnya. Ambar, perempuan paruh baya ini memulai warung sederhananya tidak lain dan tidak bukan hanya sekedar hobi semata. Dirinya beserta suami memiliki pekerjaan tetap dengan usaha bisnis di bidang kue asli Jogja, yakni bakpia. Warung yang kini tengah terdaftar sebagai mitra ojek online tersebut menyediakan berbagai menu dengan menu spesial, ayam goreng serundeng khas Bu Ambar.

Untuk membayar rasa penasaran Anda, langsung saja, cobalah perpaduan nasi hangat ditabur bawang merah goreng dengan ayam goreng empuk dan sambal mentah, serta ekstra serundeng di setiap porsinya. Biasanya, makanan spesial yang jarang kita temui akan memasang harga cukup tinggi, namun berbeda dengan Warung Pecel Lele Bu Ambar, ia hanya membandrol satu porsi ayam goreng serundeng dengan Rp 15.000 saja. Warung ini juga menyediakan menu pecel lele pada umumnya, namun tentu dengan spesial menu ekstra serundeng khas Bu Ambar. Buat Anda yang tergiur, saatnya rasakan dan ceritakan.

Add Comment