Terapkan Program Panca Tertib, Warga Cokrodiningratan Lakukan Bersih-Bersih

Kegiatan reresik oleh warga Cokrodiningratan (Foto: Dokumentasi Pribadi)

COKRODININGRATAN, Jetis — Lingkungan yang bersih merupakan dambaan setiap warga. Kebersihan lingkungan merupakan cerminan setiap warganya. Agar lingkungan tetap terjaga kebersihannya, warga Cokrodiningratan sepakat melakukan bersih-bersih, khususnya disekitar Pasar Kranggan. Kegiatan bersih-bersih dilakukan pada Selasa (21/01/2020).

Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Walikota, Heroe Poerwadi, Kepala Disperindag, Yunianto Dwisutoni, Kepala Bidang Pengembangan Penataan Lahan & Pendapatan Pasar, Gunawan Nugroho Utomo, Camat Jetis, Lurah Cokrodiningratan, didukung dari jajaran TNI, Kepolisian, DLH, Satpol PP, Kamtib Disperindag, Kebersihan Disperindag, Sarana prasarana Disperindag, Bidang P3P Disperindag, Lurah Pasar Kranggan, warga kampung Cokrodiningratan, payuban pedagang Pasar Kranggan.

Kegiatan bersih-bersih sejalan dengan program Panca Tertib, yang diatur melalui Peraturan Walikota (Perwal) Nomor 22 Tahun 2015 tentang Gerakan Kampung Panca Tertib Kota Yogyakarta.

Kedepannya, kegiatan serupa akan lebih disinergikan antara warga Cokrodiningratan bersama paguyuban pedagang Pasar Kranggan.

Wakil Walikota Jogja, Heroe Poerwadi bersama Kabid Penataan Pengembangan Pendapatan Pasar (P3P) Dinas Perdagangan Kota Jogja, Gunawan Nugroho Utomo (Foto: Astama Izqi Winata)

Diharapkan nantinya tidak hanya di Pasar Krangan saja ada sinergi reresik pasar ini tapi juga di pasar-pasar lainnya di kota Jogja, sehingga selain melestarikan pasar tradisiional kota Jogja dari aspek kebersihan tentunya juga dapat lebih mendekatkan kembali peran pasar tradisional di warga kampung khususnya disekitar Pasar Kranggan, warga punya rasa memiliki terkait keberadaan pasar tradisional.

Meskipun untuk giat reresik pasar sudah ada harinya yaitu setiap Kamis Pon, akan tetapi warga kampung atau wilayah pasar sepakat melakukan giat bersih-bersih pasar. Hal tersebut dilakukan setiap selapan hari dalam  tanggalan jawa yaitu pada Selasa Legi untuk Pasar Kranggan.

Warga kampung Cokrodiningratan yang bersinergi dengan paguyuban pasar melakukan reresik pasar. Kegiatan reresik pasar akan membawa dampak bagus bagi keberlangsungan pasar tradisional.

Program Panca Tertib

Panca Tertib merupakan kondisi ketertiban meliputi Tertib Daerah Milik Jalan (Damija), Tertib Bangunan, Tertib Usaha, Tertib Lingkungan, dan Tertib Sosial.

Tertib daerah milik jalan adalah pemanfaatan daerah milik jalan sesuai dengan fungsinya dan atau telah mendapatkan izin, sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Tertib usaha adalah semua kegiatan usaha telah memiliki izin dan memenuhi kewajiban usaha serta tidak menjual/menyediakan barang dan/atau jasa yang dilarang, sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Tertib Bangunan adalah kegiatan membangun, mengubah, memperluas, mengurangi, dan merawat bangunan gedung yang memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB), sesuai peraturan perundang-undangan berlaku.

Tertib lingkungan adalah kondisi lingkungan yang bersih, sehat, indah dan nyaman, sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Tertib sosial adalah tatanan kehidupan masyarakat yang harmonis dan bebas dari penyakit masyarakat.

Add Comment