Dindukcapil Luncurkan Program Dukcapil Go-Digital

Kulon Progo, Drs. H. Sutedjo, saat menghadiri peluncuran Disdukcapil Go Digital beberapa waktu lalu. (Foto: Humas Kulonprogo)

Wates – Kabupaten Kulon Progo rilis Disdukcapil Go Digital. Acara tersebut bertempat di Aula Adikarta Kompleks Pemkab Kulon Progo. Kepala Disdukcapil Kulon Progo, Ir. Aspiyah, M.Si mengatakan jika pihaknya ingin mengubah sistem pelayanan pengurusan kependudukan dari manual menjadi digital.

“Kami ingin mentransformasikan semua jenis pelayanan pengurusan kependudukan dari yang awalnya manual menjadi digital, akta kelahiran online adalah awal dari proses digitalisasi tersebut,” tuturnya beberapa waktu lalu.

Layanan digital yang dibuat oleh Disdukcapil Kulon Progo adalah pembuatan akta kelahiran khusus anak yang berumur 0 – 18 tahun.

“Dengan adanya digitalisasi pembuatan akta ini masyarakat hanya perlu mengisi data lewat smartphone mereka dan bisa mengambil akta tersebut di kantor Disdukcapil,” jelasnya.

Lebih lanjut Aspiyah menambahkan bahwas dalam mengurus dokumen seperti perekaman KTP-el, cetak Kartu Keluarga, cetak KIA dan dokumen pencatatan sipil seperti akta kelahiran, akta kematian dan akta perkawinan sudah menggunakan tanda tangan digital, sehingga bisa mempercepat proses pengurusan dokumen dan masyarakat cukup mengurus di 12 Kapanewon yang ada di Kabupaten Kulon Progo melalui mobil keliling ini.

Digitalisasi Pelayanan Publik

Sementara itu, Bupati Kulon Progo, Drs. H. Sutedjo mengapresiasi kinerja Disdukcapil dalam mendekatkan diri dengan masyarakat melalui digitalisasi pelayanan pengurusan kependudukan. Pelayanan administrasi kependudukan modern menuntut metode mudah dan cepat kepada masyarakat dengan menerapkan mekanisme pelayanan dalam jaringan (daring).

“Hari ini Dinas Dukcapil telah membuktikan dirinya untuk siap melaksanakan pelayanan publik yang prima, cepat, dan mudah bagi masyarakat,” tutur Bupati.

Sutedjo menilai dengan adanya digitalisasi pelayanan publik menjadikan pemerintah dekat dengan masyarakat. Beliau berharap masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas tersebut dengan sebaik-baiknya, sehingga data kelengkapan informasi kependudukan dapat terpenuhi mulai dari Akta Kelahiran, Perkawinan, Kematian, dan layanan kependudukan lainnya.

Program Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) ini akan berjalan dengan baik apabila mendapat dukungan dari semua pihak baik OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo.

Add Comment