Inspiratif, Komunitas Pemuda Sidorejo Bagikan Puluhan Nasi Gratis Tiap Jumat

Salah satu anggota komunitas Kasibung sedang melakukan aksi sosialnya tiap Jumat malam. (Foto: Hanang Widiandhika)

Kasihan – Bersedekah bisa dilakukan dalam berbagai cara. Bukan banyaknya pemberian yang penting, namun niatan tulus saling berbagi jauh lebih bermakna.

Itulah yang diyakini para pemuda warga perumahan Sidorejo Bumi Indah, Kasihan, Bantul ini yang tergabung dalam komunitas Sedekah Nasi Bungkus (Kasibung).

Komunitas ini rutin berbagi nasi bungkus kepada para pengayuh becak, pemulung hingga pengemis di jalan-jalan. Bagi-bagi nasi bungkus ini dilakukan rutin sebulan dua kali pada minggu kedua dan ke empat.

Salah satu penggiat komunitas tersebut, Rino Bary Prima menceritakan, awalnya, komunitas yang dibentuk pada tahun 2019 ini diinisiasi ketika para pemuda sedang berkumpul menghabiskan malam di angkringan dekat komplek perumahan mereka.

“Ketika kami sedang nongkrong di angkringan dekat rumah, kami berembuk dan berkeinginan untuk menolong sesama, ya setidaknya bisa mengurangi beban mereka, lalu kami punya ide membuat komunitas ini,” jelasnya.

Para anggota komunitas ini sebagian besar sudah berteman sejak lama. Itu mempermudah komunikasi mereka. Apalagi makin banyak anggota baru yang tertarik bergabung hingga saat ini.

Dalam menjalankan aksinya para anggota komunitas ini selalu istikomah, memberikan senyum, dan tetap semangat melalui kekuatan sedekah nasi bungkus tersebut.

lokasi aksi sosial ini sengaja berpindah-pindah. “Kemarin kami tebar puluhan nasi bungkus di seputaran Kota Jogja, Bantul, dan Sleman,” katanya.

Sumber Dana

Untuk sumber dananya, lanjutnya, para anggota Kasibung ini rutin tiap minggu menggalang dana. Mereka juga tak jarang mendapatkan donatur dari luar. Komunitas ini membuka siapa saja yang ingin menyisihkan rejeki mereka untuk berbagi,

“Biasanya para donatur datang langsung, namun jika para donatur sedang berhalangan hadir, maka bisa melalui transfer,” jelas pria 30 tahun ini.

Rino berharap kegiatan sedekah nasi bungkus tersebut terus berlanjut. “Karena kegiatan sosial sacam ini dapat membantu meringankan kebutuhan bagi sesama,” ungkapnya.