Siasati Saat ‘Low Season’ Pemkot Jogja Gelar Jogjavaganza

Sekda Kota Jogja, Aman Yuriadijaya, saat melepas peserta fun night run, Minggu malam (9/2/2020). (Foto: Hanang Widiandhika)

Pemerintah Kota (Pemkot) Kota Yogya melalui Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta kembali menggelar promosi wisata, Jogjavaganza 2020 untuk tahun ketiga. Acara ini sekaligus menjadi ajang memperkenalkan destinasi wisata lain yang menarik disinggahi dan dijelajahi. Dalam event ini, setidaknya ada 110 agen perjalanan yang akan terlibat.

Sekretaris Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Yogya, Yeti Martanti, menjelaskan jika selama ini paket wisata yang ditawarkan biro perjalanan selalu tidak terlepas dari kawasan Malioboro dan sekitarnya. Padahal, ada banyak tempat wisata unik di Kota Yogya yang juga menarik untuk dijelajahi.

Menurutnya destinasi wisata yang menarik di Kota Yogya selain Malioboro adalah kawasan cagar budaya Kotagede dan berbagai tempat di bagian selatan Kota Yogyakarta.

“Kotagede menawarkan keindahan budaya yang masih cukup terjaga seperti suasana kawasan yang masih dipenuhi oleh rumah-rumah dengan gaya arsitektur kuno yang khas,” ungkapnya saat welcome dinner Jogjavaganza di The Alana Hotel, Minggu (9/11/2020).

Dalam event ini, destinasi alternatif yang akan dikenalkan yakni kawasan wisata Prawirotaman dan Kotagede, karena dua wilayah ini bagi wisatawan domestik masih jarang dikunjungi.

“Potensi wisata di Kotagede yang sangat luar biasa ini belum banyak dimasukkan dalam paket wisata. Untuk itu, kami ingin memperkenalkannya lebih jauh ke biro perjalanan wisata melalui Jogjavaganza 2020 ini,” katanya.

Konsep Unik

Ada yang unik dalam Jogjavaganza tahun ini, pengenalan destinasi wisata Prawirotaman dan Kotagede dikonsep dengan Fun Night Run yang digelar usai acara welcome dinner. Kegiatan ini start dari halaman Hotel dan finish di XT Square dengan jarak tempuh 8km. Selain para agen perjalanan, acara ini juga terbuka untuk masyarakat umum dan berhadiah.

Acara tersebut dilepas langsung oleh Sekda Kota Yogya, Aman Yuriadijaya, dalam kesempatan tersebut, Sekda juga begitu antusias dengan kegeiatan promosi wisata tersebut. Ia berharap, dengan event tersebut Kota Yogya semakin dikenal luas oleh para wisatawan.

Ia optimis dua destinasi wisata Kota Yogya tersebut mampu menjadi magnet baru Kota Yogyakarta.

Hingga saat ini, lama kunjungan wisata di Kota Yogya rata-rata baru mencapai 2,01 hari. Hal tersebut disebabkan mudahnya akses ke Kota Yogyakarta yang bisa ditempuh dengan berbagai moda transportasi, baik darat atau udara.

Add Comment