Putus Rantai Penyebaran Covid-19, Pemkot Lakukan Penyemprotan Desinfektan Di Malioboro

Sejumlah petugas menyemprot desinfektan di sepangang kawasan Malioboro, Jumat (20/3/2020). (Foto: Hanang Widiandhika)

Danurejan – Upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta dalam memutus rantai penyebaran COVID-19 terus dilakukan. Selain memberi sosialisasi kepada masyarakat, sejumlah lokasi yang menjadi spot berkumpulnya wisatawan tak lepas dari perhatian untuk dilakukan penyemprotan desinfektan. Kali ini, Pemkot Yogyakarta menyasar kawasan Malioboro, dan pasat Beringharjo.

Dua armada mobil yang dilengkapi dengan cairan desinfektan dioperasikan di sepanjang kawasan Malioboro.

Pada kesempatan tersebut Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengajak seluruh elemen masyarakat untuk melakukan gerakan bersih-bersih di lingkungan masing-masing yang bertujuan untuk memotong rantai penyebaran covid 19 di Yogyakarta.

“Gerakan ini tidak hanya dilakukan pada satu hari, tetapi akan dilakukan tiga hari mulai hari Jumat, Minggu dan hari Selasa. Ini untuk meyakinkan diri kita sendiri, dan orang lain bahwa Yogyakarta lingkungannya bersih dan sehat,” katanya, Jumat (20/3/2020).

Wawali mengatakan selain langkah bersih-bersih yang bertujuan untuk pencegahan pemkot Yogyakarta juga telah melakukan tracing bagi masyarakat yang berstatus orang dalam pengawasan (ODP), dan juga melakukan tracing pada pasien dengan pengawasan (PDP).

“Seluruh kantor-kantor sudah melakukan bersih-bersih dan sebagian melakukan penyemprotan disinfektan. Kami juga ucapkan terimakasih pada komunitas Malioboro yang telah menyediakan fasilitas cuci tangan,” katanya.

Menurutnya langkah ini penting dilakukan mengingat para wisatawan masih datang ke Yogyakarta. “Jadi kewajiban Pemkot Yogya untuk menjaga fasilitas umum agar tetap higienis,” katanya.

Sediakan Tempat Cuci Tangan

Selain itu, ia juga meminta seluruh toko, pusat perbelanjaan dan kantor untuk menyiapkan tempat cuci tangan. Termasuk membersihkan lingkungan kantor dalam rangka memutus sebaran virus yang menempel di tempat-tempat dan fasilitas publik.

Selain itu, lanjutnya, disepanjang kawasan Malioboro juga telah disediakan fasilitas cuci tangan dengan sabun dan air mengalir. “Kita menyasar pada fasilitas yang sering tersentuh tangan dengan memaksimalkan disinfektan,” katanya.

Ia juga menuturkan pada hari selasa besok tidak ada kegiatan pentas seni tetapi kegiatan diganti dengan bersih-bersih lingkungan sekitar.