Warga Mergangsan Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Warga Kecamatan Mergangsan secara swadaya melaksanakan penyemprotan disinfektan untuk pencegahan penularan virus Corona, Minggu (29/3/2020). (Foto: Hanang Widiandhika)

Mergangsan-Pengurus Kampung Tanggap Bencana (KTB), Polsek Mergangsan, Koramil Mergangsan, dan warga Kecamatan Mergangsan secara swadaya melaksanakan penyemprotan disinfektan untuk pencegahan penularan virus Corona, Minggu (29/3/2020).

Penyemprotan disinfektan dilaksanakan di seluruh lingkungan Kecamatan Mergangsan.

Tak hanya lingkungan luar rumah saja, warga juga diminta melakukan penyemprotan di dalam rumah untuk mencegah penularan virus Corona.

Camat Mergangsan, Rini Rachmawati, mengatakan kegiatan penyemprotan disinfektan ini merupakan upaya pencegahan penularan virus Corona.

“Penyemprotan ini merupakan langkah antisipasi, namun yang utama yakni bagaimana menjaga kesehatan masing-masing. Tak lupa kebersihan lingkungan sekitar juga harus terus dijaga,” jelasnya.

Ia menjelaskan, disinfektan yang digunakan untuk penyemprotan ini dibuat secara mandiri. Pembuatan disinfektan juga dipantau langsung oleh para petugas dari BPBD Kota Yogya .

“Pembuatan disinfektan ini swadaya dari warga, kamarin sudah di lakukan tutorial pembuatan disinfektan oleh BPBD Kota Yogya “ungkapnya.

Gunakan APD Lengkap

Ia mengingatkan agar para petugas yang menyemprotkan disinfektan wajib menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap dengan penggunaan masker.

“Warga khususnya anak-anak tidak perlu keluar rumah saat kegiatan penyemprotan di luar rumah, kami berharap kepada masyarakat agar mematuhi anjuran pemerintah untuk tidak berkumpul guna mencegah penyebaran virus Corona,” imbaunya.