Yudonegaran Dikukuhkan Sebagai Kampung Panca Tertib

Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengukuhkan kampung Yudonegaran, kelurahan Prawirodirjan, kecamatan Gondomanan sebagai kampong panca tertib, Sabtu (14/3/2020)

Gondomanan – Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta kembali menambah jumlah Kampung Panca Tertib sebagai upaya peningkatan partisipasi masyarakat mewujudkan ketertiban dan kenyamanan Kota Yogyakarta.

Kali ini giliran kampung Yudonegaran yang mendeklarasikan kampungnya sebagai kampung panca tertib di bidang pembangunan lingkungan.

Sampai saat ini sudah ada sekitar 81 Kampung panca tertib di Kota Yogyakarta.

Tertib pembangunan lingkungan ini diantaranya adalah warga berkomitmen melakukan penataan parkir di gang kampung Yudonegaran, memperindah bangunan, tertib pondokan dan penguatan UMKM, pengolahan sampah dan penghijauan, serta melaksanakan jam belajar masyarakat serta melakukan tertib administrasi kependudukan.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Walikota Yogyakarta,  Heroe Poerwadi, Ia mengatakan bahwa Kampung yudonegaran ingin menciptakan tertib lingkungan merupakan tekat warga Yudonegaran agar terjalin masyarakat yang solid dan nyaman.

“Harapannya kalau lima ketertiban ini bisa terwujud berikutnya harus melangkah tertib apalagi yang perlu dikembangkan agar Yudonegaran menjadi kampung yang benar-benar merasakan kenyamanan karena warganya tertib semuanya,” ungkapnya di dhalem Yudaningrat, Sabtu (14/3/2020).

Dengan adanya Kampung Panca Tertib ini, Ia berharap mampu menjadi sarana penanaman nilai-nilai kedisiplinan untuk menjadikan Kota Yogyakarta semakin nyaman huni.

Terus Berikan Sosialisasi

Pihaknya pun menyatakan jika Pemkot Yogya akan terus memberikan sosialisasi kepada warga tentang dampak positif tentang kampung panca tertib.

“Gerakan ini penting kita lakukan karena ketertiban itu harus dilakukan seluruh warga jangan hanya mengandalkan petugas TNI, Satpol PP, atau Linmas. Dalam melaksanakan ketertiban ini menjadi aman dan nyaman dilakukan seluruh warga yang menjadi harapan kita semuanya betul-betul bisa telaksana,” ujarnya.

Selain itu, Ia berharap dengan adanya kampung panca tertib ini menjadikan kampung Yudonegaran semakin berkembang kedepannya.

“Semoga dengan deklarasi ini kita dimudahkan, dilancarkan, dalam memberikan kekompakan serta solid warganya, sehingga memunculkan panca tertib dilakukan dengan lebih mudah, aman dan nyaman,” tambahnya.

Add Comment