GOW Kota Yogyakarta Berikan Bantuan Paket Beras Kepada Masyarakat

Ketua GOW, Tri Kirana Muslidatun memberikan bantuan paket beras yang nantinya akan didistribusikan kepada masyarakat yang membutuhkan, Selasa (22/4/2020).(Foto: Hanang Widiandhika)

Umbulharjo – Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Yogyakarta yang terdiri dari beberapa organisasi wanita peringati hari kartini. Peringatan Hari Kartini kali ini mengangkat tema Kartini Yogyakarta melawan corona.

Dalam peringatan kartini kali ini juga dilakukan pembagian sembako kepada masyarakat sebagai kepedulian saat masa-masa pandemi covid 19.

Saat pembagian bantuan paket beras juga memberlakukan protokol covid 19, yaitu hanya beberapa perwakilan saja dalam pembagian paket beras, dan dilakukan pemberian jarak saat melakukan pembagian paket beras tersebut.

Dalam kesempatan ini GOW memberikan bantuan kepada 19 kelompok organisasi wanita di Kota Yogyakarta, tiap kelompok mendapatkan 10 paket beras yang nantinya akan didistribusikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Ketua GOW, Tri Kirana Muslidatun menyampaikan kondisi pandemi covid 19 kali ini membuat peran wanita sangatlah penting, dimana anggota keluarga diimbau untuk mengerjakan sesuatunya di rumah seperti sekolah, hingga bekerja.

“Sekarang ini sudah banyak yang merasa bosan di rumah, peran wanita disini sangat penting untuk membuat suasana rumah atau suasana keluarga menjadi hangat kembali, lalu membuat suasana tidak menjadi membosankan bagi anak maupun suami,” ujar istri Walikota Yogyakarta ini, Selasa (21/4/2020) di gedung PKK komplek Balaikota Yogyakarta.

Selain itu Ia mengingatkan, kepada anggota GOW untuk lebih peduli dengan kesehatan anggota keluarga. Dengan memperingatkan anggota keluarga agar selalu menggunakan masker.

“Perlu diperhatikan jika menggunakan masker kain, karena masker kain hanya bertahan selama kurang lebih 5 jam setelah itu harus diganti atau dicuci,” katanya.

Penanganan Covid 19

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarajat, Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMPPA) Kota Yogya, Edy Muhammad menyampaikan pemerintah Kota Yogyakarta telah melakukan beberapa langkah refocusing untuk penanganan covid 19.

“Beberapa langkah yang telah diambil Pemkot Yogya yakni fokus berikan bantuan afirmasi bagi masyarakat terdampak covid-19, langkah lainnya adalah program kebangkitan ekonomi setelah pandemi, dan penanggulangan kemiskinan,” katanya.