layanan Perpustakaan Kota Tutup, Masyarakat Bisa Akses Layanan Menggunakan Saparatu

Suasana di Perpustakaan Kota Yogya, Senin (6/4/2020). (Foto: Hanang Widiandhika)

Gondokusuman – Perpustakaan Kota Yogyakarta memperpanjang penutupan pelayanan hingga batas waktu yang belum ditentukan, namun masyarakat masih bisa memanfaatkan layanan Sarana Peminjaman dan Pengembalian Buku Pustaka Langsung Tanpa Turun dari Kendaraan (Saparatu) untuk mengakses peminjaman buku maupun pengembalian buku.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko mengatakan layanan sapartu adalah layanan yamg ditujukan untuk masyarakat yang akan melakukan peminjaman, pengembalian atau membuat kartu bebas pustaka.

“Masyarakat masih diperbolehkan meminjam buku dengan layanan Saparatu, masyarakat tidak diperbolehkan masuk untuk mengambil buku. Tetapi, masyarakat bisa meminjam buku atau mngembalikan dengan memanfaatkan loket yang tersedia,” katanya, Senin (6/4/2020).

Prosesnya Mudah

Prosesnya mudah, setelah datang ke loket pelayanan masyarakat tinggal menyebutkan buku yang dibutuhkan setelah itu petugas yang akan mencarikan ke dalam perpustakaan dan menyerahkan kepeminjam.

“Pelayanan yang diberikan tidak kurang dari 5 menit. Memang ada pembatasan jam operasional yaitu pada hari senin hingga kamis dilayani pada pukul 09.00 sampai 15.00, lalu pada hari Jumat 09.00 hingga 14.00, Lalu pada Sabtu dan Minggu libur,” katanya.

Lanjutnya, pada hari ini pihaknya melakukan penyemprotan disinfektan ke beberapa lokasi di perpustakaan Kota Yogyakarta, hal tersrbut adalah upaya perpustakaan Kota Yogyakarta untuk mencegah penyebaran covid 19.

“Untuk mencegah Covid 19 meluas, perpustakaan kota melakukan penyemprotan secara berkala di lingkungan perpustakaan kota. Dalam penyemprotan meliputi, penyemprotan disinfektan perpustakaan kota baru, pevita, dan juga melakukan penyemprotan di armada perpustakaan keliling,” paparnya.

Pihaknya berharap dengan melakukan penyemprotan disinfektan secara berkala, perpustakaan kota Yogyakarta sudah siap untuk langsung beroperasi jika covid 19 telah usai. Ia juga mengimbau kepada masyarakat agar selalu menjaga kesehatan, dan juga menjaga kebersihan diri agar tidak tertular covid 19.