Tips Sehat di Masa Covid-19

Beberapa pegawai Pemkot Yogya rutin melakukan kegiatan berjemur setiap pagi guna meningkatkan imun tubuh. (Foto: Astama Izqi Winata)

Umbulharjo – Memperkuat sistem imun atau kekebalan tubuh menjadi salah satu cara mencegah terjangkit virus corona (Covid-19). Selain menjaga pola makan dan hidup bersih, yang bisa dilakukan untuk menjaga imunitas adalah berjemur di bawah sinar matahari.

Hal itu dibenarkan oleh Kepala Seksi Promosi Dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Arumi Wulansari, berjemur mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Namun Arumi mengingatkan supaya aktivitas berjemur yang belakangan ini marak di lakukan tetap sesuai dengan anjuran.

“Secara medis memang ada manfaat bagi kesehatan karena sinar matahari bisa membantu untuk proses metabolisme yang ada dalam tubuh namun yang perlu diperhatikan adalah tentang waktunya,” kata Arumi

Beberapa sumber terpercaya menyebutkan waktu terbaik untuk berjemur adalah diantara pukul 08:00 hingga 10:00 dan cukup dilakukan 10 hingga 15 menit saja tidak perlu terlalu lama.

Namun untuk balita disarankan berjemur pada pukul 08:00 dengan durasi 10 hingga 15 menit. Berjemur diatas pukul 10:00, sambungnya, justru membawa efek yang berbahaya bagi tubuh.

“Tidak ada corona pun berjemur dianjurkan, selama ada pandemi ini dianjurkan agar kondisi imunitas badan kita tetap terjaga apalagi yang hanya diam di rumah kurang aktivitas fisik sehingga kondisi badan akan cepat turun,” jelas Arumi.

Bahkan tidak menutup kemungkinan berjemur masih bisa dilakukan saat mendung hal tersebut dikarenakan sinar ultra violet tetap masih ada dan bisa menembus.

Selain itu kandungan vitamin D yang terbentuk akibat paparan sinar matahari dapat membantu mencegah infeksi pada tubuh dan melawan penyakit, seperti penyakit jantung, multiple sclerosis, beberapa jenis penyakit autoimun dan kanker, serta flu.

“Sistem imun ini menjadi pertahanan tubuh dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Sementara itu, jika tubuh kekurangan vitamin D dapat menghambat pertumbuhan dan rentan terinfeksi virus maupun bakteri” jelasnya.

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

Disisi lain Arumi mengingatkan,untuk menjaga imunitas tidak hanya dengan berjemur di bawah sinar matahari saja, Arumi mengajak untuk tetap menerapkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

“Percuma berjemur kalau asupan kalsium dan gizi kurang, perbanyak sayur dan buah karena saat ini penting bagi kita untuk menjaga imunitas tubuh,” tandasnya.

Selain itu istirahat cukup dengan menerapkan pola tidur 7 jam sehari, dan yang palng penting adalah menjaga pikiran agar tetap positif, kerana dengan begitu secara psikologis akan meningkatakan imunitas tubuh.

“Di tengah situasi seperti ini harus jeli mengelola pikiran, jangan panik dan resah dengan pemberitaan yang sifatnya menakutkan,” ujarnya.