Walikota Yogyakarta Apresiasi Bantuan Masker Indomaret

Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti mengapresiasi langkah Indomaret membagikan bantuan masker sebagai upaya pencegahan dan penanganan penyebaran Covid-19. (Foto: Hanang Widiandhika)

Umbulharjo – Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti mengapresiasi langkah Indomaret membagikan bantuan masker sebagai upaya pencegahan dan penanganan penyebaran Covid-19.

Melalui Pemerintah Kota Yogyakarta Indomaret mendistribusikan 3000 masker untuk tenaga medis dan warga di Kota Yogyakarta.

“Ini adalah bentuk soliditas kita bersama dalam menghadapi wabah Covid-19 ini, kami sangat mengapresiasi dan berterimakasih,” ucap Haryadi Suyuti usai penyerahan masker dari Indomaret di Balaikota, Selasa (14/4/2020).

Masker ini nantinya akan didistribusikan kepada tenaga medis dan warga, mengingat ada dua jenis masker yakni non medis untuk warga dalam menanggulangi penyebaran dan masker medis bagi para tenaga medis dalam menangani virus Corona.

“Tidak hanya rumah sakit, nantinya juga akan dibagikan ke puskesmas, dan tempat tempat pelayanan seperti koramil, polsek kecamatan dan kelurahan,” kata Haryadi.

Pihaknya juga memastikan masker tersebut akan dibagikan sesuai dengan protap yang ada sehingga tidak memicu terjadinya kerumunan. “Tentu akan didistribuskan dengan baik,” imbuhnya.

Perhatikan Protokol Pencegahan Covid-19

Disisi lain, Walikota meminta Indomaret untuk memberikan pelayanan belanja kepada masyarakat dengan memperhatikan protokol pencegahan Covid-19.

“Tentu kami tidak ingin ada warga yang terpapar saat belanja, ini menjadi perhatian kita bersama untuk memutus mata rantai Covid-19,” tandasnya.

Selain menerapakan social and physical distancing, tempat cuci tangan dan hand sanitazer juga wajib disiapkan. “Kita tidak tahu keberadaan virus ini, padahal saat transaksi ada penyerahan barang, penerimaan pengembalian,” urainya.

Sementara itu, Branch Manager PT Indomarco Prismatama Cabang Yogyakarta Suharsan menjelaskan, total ada 3000 masker yang diserahkan kepada Pemkot Yogyakarta, 2000 diantaranya masker untuk medis, dan 1000 sisanya masker non medis.

“Karena ini program nasional, jadi total jumlah masker yang dibagikan secara nasional sebanyak 250.000 masker,” kata Suharsan.

Gerakan tersebut merupakan kepedulian Indomaret untuk pencegahan dan penanganan Covid-19 di Indonesia. “Semua daerah pasti membutuhkan masker sebagai upaya pencegahan penyebaran,” jelasnya.

Selain itu, Indomaret juga telah menerapkan prokol penanganan Covid-19 yang sudah dikeluarkan oleh Pemerintah. Selain menyiapkan Hand Sanitazer dan tempat mencuci di toko, juga diterapkan social and Physical distancing.

“Dntaranya dengan menyediakan tempat cuci tangan dengan air mengalir di luar toko, hand sanitizer di kasir, penggunaan masker dan hand glove karyawan kami, penerapan jarak dalam berbelanja, dan juga sekat pembatas antara kasir dan konsumen,” imbuhnya.